Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Rejang Lebong, Provinsi Bengkulu, saat ini tengah mempersiapkan kebutuhan pelaksanaan pemilihan kepala daerah (Pilkada) wilayah itu tahun 2020.

Koordinator Divisi Teknis KPU Rejang Lebong, Fahamsyah di Rejang Lebong, Selasa, mengatakan, kendati pelaksanaan pilkada serentak ini baru akan dilaksanakan pada akhir 2020, namun untuk tahapannya sudah akan dimulai pada September 2019.

"Saat ini kita mulai merancang anggaran kebutuhan untuk pilkada tahun depan, karena mulai September nanti sudah masuk dalam tahapan sehingga harus kita lakukan persiapan," ujar dia.

Untuk persiapan pilkada tersebut, pihaknya akan memasukan kebutuhan pelaksanaan tahapan-tahapan pada tahun ini dalam pembahasan APBD Perubahan Kabupaten Rejang Lebong 2019 yang akan dilaksanakan dalam waktu dekat.

"Kalau untuk tahapan yang dilaksanakan tahun depan akan dimasukkan dalam penyusunan APBD Rejang Lebong tahun 2020, mengingat pembiayaan kegiatan pilkada tersebut menggunakan anggaran daerah," kata dia.

Selain itu tambah dia, dalam pilkada bupati dan wakil bupati Rejang Lebong yang akan dilaksanakan bersamaan pemilihan gubernur dan wakil gubernur Bengkulu itu nantinya juga akan menggunakan bagian dari dana dari Pemprov Bengkulu, terutama untuk kegiatan yang berkaitan dengan pilgub.

Dia berharap, penyusunan kebutuhan anggaran pilkada ini bisa selesai cepat supaya bisa langsung mereka koordinasikan ke pemkab maupun pihak DPRD Rejang Lebong, sehingga beberapa tahapan awal seperti seleksi Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) dan lainnya bisa langsung dilaksanakan.

Pewarta: Nur Muhamad

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2019