Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Mukomuko, Provinsi Bengkulu, menyatakan hingga kini baru dua sekolah dasar negeri (SDN) di daerah ini yang telah menerapkan program penguatan pendidikan karakter (PPK).

“Sekolah dasar negeri yang menerapkan PPK ini baru dua sekolah yakni SDN 16 di Kecamatan Penarik dan SDN 03 Kecamatan Ipuh,” kata Kabid Pendidikan Sekolah Dasar Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Mukomuko Subaryadi dalam keterangannya di Mukomuko, Rabu.

Terdapat 131 sekolah dasar negeri dan 48 sekolah menengah pertama negeri (SMPN) yang tersebar di 148 desa dan tiga kelurahan dalam 15 kecamatan yang ada di daerah ini. Ia menyatakan, kemungkinan masih ada sekolah dasar dan sekolah menengah pertama swasta seperti SD IT dan SMP IT yang menerapkan program penguatan pendidikan karakter.

Menurutnya, dua sekolah dasar negeri di daerah ini menerapkan program penguatan pendidikan karakter karena dua sekolah ini telah memberlakukan jadwal masuk sekolah bagi siswanya dari enam hari menjadi lima hari.

Sekolah yang memberlakukan lima hari masuk sekolah mulai dari hari Senin hingga Jumat ini mempunyai waktu sampai siang hari hingga pukul 14.00 WIB untuk mengajarkan pendidikan karakter kepada anak-anak melalui kebiasaan beribadah bersama saat Shalat Zuhur.

Selain itu, di sekolah ini ada model pembelajaran yang berbeda dari sekolah lain seperti membiasakan menghormati orang yang lebih dewasa. “Anak-anak di dua sekolah itu mulai masuk hingga pulang sekolah diajarkan bersalaman dengan orang yang lebih tua atau gurunya, dan beberapa pelajaran sopan santun lainnya,” ujarnya.

Sekolah menerapkan model pendidikan karakter dengan cara membiasakan anak-anak melakukan berbagai tindakan yang bisa mengubah karakter mereka. Ia berharap model pendidikan karakter seperti ini terus berkembang dan diterapkan di semua sekolah negeri baik di tingkat SD hingga SMP di daerah ini.*

Pewarta: Ferri Arianto

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2019