Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Rejang Lebong, Provinsi Bengkulu, membuka pelayanan administrasi kependudukan di lokasi pameran pembangunan peringatan hari jadi daerah itu.

Kabid Pelayanan dan Pendaftaran Kependudukan Disdukcapil Rejang Lebong, Mei Susanti Harahap di lokasi pameran pembangunan HUT Kota Curup ke-139 di Lapangan Dwi Tunggal Curup, Rabu, mengatakan layanan administrasi kependudukan yang mereka buka ini meliputi perekaman data KTP elektronik, permohonan pembuatan kartu keluarga (KK) dan akta kelahiran.

"Pelayanan administrasi kependudukan yang kami lakukan di gerai Disdukcapil Rejang Lebong ini meliputi perekaman data KTP-el, tetapi bukan 'online' tetapi 'offline' karena di sini terkendala jaringan. Kemudian pembuatan KK dan akta kelahiran," katanya.

Kalangan pengunjung pameran pembanguan tersebut, kata dia, bisa mengurus administrasi kependudukan ini dengan mengajukan permohonan resmi di gerai Disdukcapil setempat di lokasi pameran terhitung 16-22 Juni mendatang.

"Pelayanan di gerai Disdukcapil Rejang Lebong ini hanya untuk proses pendaftaran saja, sedangkan untuk proses pencetakan dan pengambilannya dilaksanakan di kantor Disdukcapil Rejang Lebong," tambah dia.

Pelayanan di lokasi pameran pembangunan yang dilaksanakan pihaknya itu  untuk membantu kemudahan masyarakat Rejang Lebong dalam mengurus administrasi kependudukan, terutama bagi warga yang tidak sempat datang ke kantor Disdukcapil setempat, terutama perekaman data KTP-el yang saat ini masih terdapat 17.000-an orang dari wajib KTP sebanyak 200.584 orang belum merekam data.

"Sejauh ini, sudah banyak warga yang menonton pameran pembangunan kemudian melakukan perekaman data KTP elektronik maupun pengurusan administrasi kependudukan lainnya seperti pembuatan KK dan akta kelahiran," demikian Mei Susanti Harahap .

 

Pewarta: Nur Muhamad

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2019