Dinas Pariwisata, Kepemudaan, dan Olahraga Kabupaten Mukomuko, Provinsi Bengkulu mendorong masyarakat, terutama yang dekat dengan objek wisata, membentuk kelompok sadar wisata agar kepariwisataan di daerah itu makin berkembang dan ramai kunjungan.

“Kami berharap seluruh objek wisata memiliki kelompok ini agar semua objek wisata di daerah ini bisa berkembang dan lebih maju dan banyak dikunjungi oleh wisatawan, baik dari dan luar daerah ini,” kata Kasi Promosi Pariwisata Dinas Pariwisata, Kepemudaan, dan Olahraga Kabupaten Mukomuko Supriadi dalam keterangannya di Mukomuko, Kamis.

Baca juga: Mukomuko kembali terima hibah tiga unit Alsintan

Dinas Pariwisata, Kepemudaan dan Olahraga Kabupaten Mukomuko sebelumnya membentuk tiga kelompok sadar wisata guna menjaga dan mengelola tiga objek wisata di daerah itu.

Sebanyak tiga objek wisata di daerah itu, yakni Pantai Batu Kumbang di Kecamatan Ipuh, Danau Telaga Biru di Kecamatan Air Dikit, dan Danau Nibung di Kecamatan Kota Mukomuko.

Ia mengatakan instansinya membentuk kelompok sadar wisata sesuai dengan aturan dan tujuannya meningkatkan kepedulian warga dalam menjaga dan mengelola objek wisata.

Ia menyatakan tujuan pembentukan kelompok agar masyarakat lebih peduli dalam menjaga dan melestarikan lingkungan.

Baca juga: Mantan sekda Mukomuko ditahan

Ia juga mengharapkan mereka melakukan penghijauan di lokasi objek wisata.

Supriyadi menjelaskan keanggotaan kelompok sadar wisata tersebut minimal terdiri atas warga setempat yang dekat dengan lokasi tiga objek wisata di daerah itu.

"Anggota kelompok sadar wisata ini terdiri dari orang-orang yang selama ini memiliki kepedulian yang sangat besar terhadap objek wisata di wilayahnya masing-masing," ujarnya.

Terkait dengan anggaran dasar dan anggaran rumah tangga kelompok sadar wisata ini, kata dia, diatur berdasarkan hasil rapat koordinasi yang disepakati oleh kelompok sadar wisata.

Berbagai kebutuhan dalam rangka menjaga dan melestarikan objek wisata hingga kegiatan pengembangan objek wisata di wilayah itu, kata dia, disampaikan melalui proposal dari kelompok itu.

Baca juga: Polisi Mukomuko tangkap perampok mobil pengangkut rokok

Pewarta: Ferri Arianto

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2019