Pemerintah Kabupaten Mukomuko, Provinsi Bengkulu, tahun ini kembali menerima hibah sebanyak tiga unit alat mesin pertanian (Alsintan) berupa alat panen padi dan jagung (Combine Hervester) dari pemerintah pusat.

Kepala Seksi Produksi Tanaman Pangan dan Holtikultura Dinas Pertanian Kabupaten Mukomuko Sugiyanto di Mukomuko, Rabu, mengatakan sebanyak tiga unit alsintan yang dihibahkan oleh pemerintah tiba di daerah ini pada Minggu (23/6).

Baca juga: Mantan sekda Mukomuko ditahan

Ia mengatakan, dua unit alsintan yang dihibahkan sebelumnya oleh pemerintah pusat dimanfaatkan Dinas Pertanian setempat, sedangkan tiga alsintan terbaru diserahkan kepada kelompok tani.

Instansinya memberikan hibah sebanyak tiga unit alat mesin pertanian kepada kelompok tani berdasarkan proposal usulan bantuan alat panen padi dan jagung dari kelompok tani di daerah ini.

Terkait dengan penetapan sebanyak tiga kelompok tani yang akan menerima hibah masing-masing satu alat mesin pertanian dari instansi ini, ia mengatakan masih menunggu petunjuk lebih lanjut dari kepala dinas pertanian setempat.

Baca juga: Polisi Mukomuko tangkap perampok mobil pengangkut rokok

Ia mengatakan pengelolaan sebanyak dua unit alat mesin pertanian ini dihibahkan sebelumnya oleh pemerintah pusat kepada Dinas Pertanian setempat untuk kepentingan petani yang membutuhkannya.

Petani diminta mengajukan surat permohonan peminjaman alat dan setelah itu dikembalikan lagi kepada Dinas Pertanian.

Ia mengatakan, instansinya memberikan peminjaman gratis kepada petani di daerah ini yang membutuhkan alat mesin pertanian tersebut untuk memanen tanaman pertaniannya sampai selesai.

Kendati demikian, ia mengatakan, petani setempat harus bertanggung jawab untuk menjaga dan memeliharanya sekaligus mengeluarkan biaya operasional alat mesin panen padi dan jagung yang dikelola oleh dinas pertanian tersebut.*

Baca juga: Pemkab Mukomuko bentuk kelompok sadar wisata
Baca juga: Ternak masih berkeliaran, Satpol PP Mukomuko harap kerja sama semua pihak
Baca juga: Disdukcapil Mukomuko beli alat perekaman KTP-el baru

Pewarta: Ferri Arianto

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2019