Pejabat Pemerintah Kabupaten Rejang Lebong, Provinsi Bengkulu, menyebutkan sebanyak 57 desa di daerah itu tahun depan akan menggelar pemilihan kepala desa (Pilkades) serentak tahap ketiga.

Asisten I Pemkab Rejang Lebong yang membidangi Tata Pemerintahan, Hukum dan Kesra, Pranoto Majid di Rejang Lebong, Kamis, mengatakan Pilkades tahap ketiga ini adalah jabatan kepala desa yang berakhir pada 2019 ini, namun baru akan dilaksanakan tahun depan.

Baca juga: Puluhan petani ikuti pelatihan peningkatan produksi kopi

"Berdasarkan arahan dari pak bupati agar pelaksanaannya dilaksanakan tahun 2020, kendati sebagian besar jabatan kepala desa ini berakhir pada tahun 2019 ini," ujar dia.

Pelaksanaan Pilkades serentak yang direncanakan tahun depan tambah dia, akan bersamaan pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) bupati dan wakil bupati setempat serta Pilgub Bengkulu, namun pihaknya akan mengaturnya apakah akan dilaksanakan awal tahun atau akhir tahun.

Sementara itu, untuk anggaran pelaksanaan Pilkades serentak itu sendiri kata Pranoto, dimasukkan dalam penyusunan APBDes masing-masing desa, sedangkan anggaran yang dimasukkan dalam APBD Rejang Lebong hanya untuk tim pemantauan tingkat kabupaten dengan nilai tidak terlalu besar.

Baca juga: Dana Kelurahan cair, 34 kelurahan di Rejang Lebong siap menikmati

"Anggarannya menggunakan APBDes, bisa dari Dana Desa dan Alokasi Dana Desa atau ADD. Pelaksanaan Pilkades serentak ini nantinya masih dilakukan manual dan belum menggunakan mesin e-voting," tambah dia.

Selain itu, dia juga menambahkan, untuk dua desa yang kepala desanya tersangkut proses hukum (Desa Dusun Sawah dan Desa Turan Baru) jabatan mereka sudah diberhentikan bupati setempat, karena berdasarkan ketentuannya untuk sisa jabatan yang waktunya lebih dari dua tahun harus dilakukan pemilihan ulang.

Sebelumnya dari 122 desa yang ada di Rejang Lebong diketahui telah mengikuti Pilkades tahap I pada 2016 lalu sebanyak 61 desa, kemudian Pilkades tahap II pada 2017 dilaksanakan dalam lima desa dan Pilkades tahap III yang rencananya akan dilaksanakan tahun depan akan diikuti 57 desa.

Baca juga: KPU ajukan anggaran Pilkada Rejang Lebong sebesar Rp25,8 miliar
Baca juga: IKA-PMII Rejang Lebong gelar dialog kebangsaan pascapemilu

Pewarta: Nur Muhamad

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2019