Pihak Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Mukomuko, Provinsi Bengkulu, mematangkan persiapan dalam rangka menghadapi kegiatan Bulan Bakti Gotong Royong Masyarakat (BBGRM) XVI tingkat provinsi yang digelar di daerah itu pada tanggal 11 Juli 2019.

“Rapat ini untuk persiapan kegiatan BBGRM tingkat provinsi di daerah ini . Saat ini tinggal pengecekan apakah sudah siap semua,” kata Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Mukomuko, Gianto dalam keterangannya di Mukomuko, Senin.

Kabupaten Mukomuko tahun ini terpilih sebagai tuan rumah penyelenggaraan kegiatan pencanangan BBGRM XVI tingkat Provinsi Bengkulu.

Pemerintah setempat mengalokasikan dana sebesar Rp300 juta dalam APBD tahun ini untuk penyelenggaraan kegiatan BBGRM tingkat provinsi yang dipusatkan di Desa Rami Mulya, Kecamatan Air Rami, Kabupaten Mukomuko, Bengkulu.

Ia menjelaskan, instansinya rapat bersama dengan organisasi perangkat daerah (OPD) terkait di lingkungan pemerintah setempat guna membahas berbagai kegiatan yang akan dilaksanakan saat BBGRM tingkat provinsi.

Instansinya ingin memastikan sejumlah OPD terkait yang mendukung acara ini telah siap mengadakan kegiatan seperti Dinas Sosial mengadakan bazar sembako dan pembagian bantuan sosial.

Kemudian, katanya, apakah Dinas Kesehatan dan RSUD setempat memberikan pelayanan medical chek up kesehatan gratis berupa pemeriksaan tensi, gula darah dan kolesterol.

Lalu Dinas Lingkungan Hidup menyiapkan kotak sampah untuk gotong royong membersihkan sampah dan Dinas Pertanian memberikan susu sapi gratis kepada anak-anak.

Ia mengatakan, pihaknya mendapat konfirmasi terakhir dari Dinas Pertanian provinsi setempat akan memberikan bantuan sebanyak 500 susu sapi gratis kepada anak-anak di daerah ini.

Selain itu, ia mengatakan, instansinya telah menyiapkan "home stay" dan lokasi stan pemeran produk unggulan daerah untuk para peserta BBGRM yang tersebar di 15 kecamatan di daerah ini.

Pewarta: Ferri Aryanto

Editor : Helti Marini S


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2019