Sejumlah permukiman di wilayah Kota Bengkulu, Senin, malam terendam banjir setelah hujan deras mengguyur daerah ini pada siang hari.

Adapun permukiman yang terpantau tergenang air antara lain wilayah Kelurahan Pekan Sabtu, Kebun Bler, Kebun Kenanga, Sekip, Tanjung Agung, Lingkar Barat, dan Kebun Tebeng dengan ketinggian air bervariasi.

“Air tiba-tiba tinggi menggenangi rumah padahal tempat kami ini tidak pernah terendam banjir,” kata Hatam, warga, Pekan Sabtu.

Baca juga: Bengkulu diguyur hujan lebat sesuai prakiraan BMKG

Ia mengatakan ketinggian air yang menggenangi rumahnya mencapai 60 centimeter sehingga merendam sebagian perabotan rumah.

Hujan deras disertai petir mengguyur Kota Bengkulu dan sejumlah wilayah lainnya di Provinsi Bengkulu sejak Senin siang, sesuai dengan prakiraan prakirawan Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG).

“Memang sejak pagi sudah dirilis peringatan dini tentang cuaca hari ini, terutama hujan dan gelombang tinggi,” kata Kepala Seksi Data dan Informasi BMKG Bengkulu, Sudiyanto, Senin.

Sudiyanto mengatakan massa udara basah lapisan rendah terkonsentrasi di wilayah Bengkulu sehingga mengakibatkan turun hujan di Kota Bengkulu dan sekitarnya.

Selaln itu terdapat daerah yang memiliki potensi konvektif dari faktor lokal dengan nilai indeks labilitas atmosfer sedang/kuat dan juga terdapat belokan angin di atas Sumatera.

“Kondisi ini yang meningkatkan pertumbuhan awan hujan di wilayah Bengkulu dan sekitarnya,” ucapnya.

Baca juga: Hujan badai, aliran listrik padam di sejumlah titik Kota Bengkulu

Pewarta: Helti Marini S

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2019