Hujan deras disertai petir mengguyur Kota Bengkulu dan sejumlah wilayah lainnya di Provinsi Bengkulu sejak Senin siang, sesuai dengan prakiraan prakirawan Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG).

“Memang sejak pagi sudah dirilis peringatan dini tentang cuaca hari ini, terutama hujan dan gelombang tinggi,” kata Kepala Seksi Data dan Informasi BMKG Bengkulu, Sudiyanto, Senin.

Baca juga: Sejumlah permukiman di Kota Bengkulu terendam banjir

Sudiyanto mengatakan massa udara basah lapisan rendah terkonsentrasi di wilayah Bengkulu sehingga mengakibatkan turun hujan di Kota Bengkulu dan sekitarnya.

Selaln itu terdapat daerah yang memiliki potensi konvektif dari faktor lokal dengan nilai indeks labilitas atmosfer sedang/kuat dan juga terdapat belokan angin di atas Sumatera.

“Kondisi ini yang meningkatkan pertumbuhan awan hujan di wilayah Bengkulu dan sekitarnya,” ucapnya.

Selain Kota Bengkulu, beberapa wilayah lain yang sudah diperingatkan sejak dini adalah Mukomuko, Bengkulu Utara, Rejanglebong, Kepahiang, Bengkulu Tengah, Seluma, Bengkulu Selatan hingga Pulau Enggano.

Baca juga: Hujan badai, aliran listrik padam di sejumlah titik Kota Bengkulu
Baca juga: Rawa Makmur, Tanjung Agung dan Tanjung Jaya masih tergenang

Sudiyanto mengatakan hujan yang merata mengguyur seluruh wilayah Bengkulu baik kabupaten dan kota bahkan sampai ke perairan Bengkulu dan Pulau Enggano itu berpotensi terjadi hingga Selasa pagi.

“Bagi masyarakat yang bermukim di bantaran sungai agar waspada luapan air sungai yang menyebabkan banjir,” ucapnya.

Selain intensitas hujan, BMKG juga merilis peringatan dini gelombang tinggi di perairan Bengkulu hingga Pulau Enggano mencapai tiga meter dan mencapai 3,5 meter di perairan Samudera Hindia Barat.

Baca juga: BPBD: Ribuan rumah terendam luapan sungai di Bengkulu
Baca juga: Cuaca ekstrem berpotensi terjadi di Bengkulu beberapa hari kedepan

Pewarta: Helti Marini S

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2019