Pejabat Kantor Kementerian Agama Kabupaten Rejang Lebong, Provinsi Bengkulu, meminta kalangan jamaah calon haji (JCH) daerah untuk menjaga kesehatan menjelang pemberangkatan tahun ini.

Kepala seksi Pelayanan Haji dan Umrah Kemenag Rejang Lebong, Ahmad Hafizudin di sela-sela penerimaan tas koper JCH di Kemenag Rejang Lebong, Selasa, mengatakan cuaca di Arab Saudi saat ini cukup panas hingga 40 derajat celsius dan diperkirakan akan terus bertambah sampai masuk pelaksanaan ibadah haji nanti, sehingga JCH dibutuhkan stamina yang prima untuk menjalankan rukun haji.

Baca juga: Kemenag Rejang Lebong kumpulkan tas koper CJH

"Mereka kami imbau agar mengonsumsi makan-makanan bergizi, istirahat yang cukup serta rajin berolahraga sehingga saat berangkat kondisi fisiknya cukup prima," ujar dia.

Selain itu para JCH ini saat tiba di Arab Saudi tambah dia, juga diminta agar banyak minum air zamzam, kemudian mengonsumsi buah-buahan, menggunakan masker serta memakai kaca mata pelindung saat keluar ruangan.

Kalangan jemaah Rejang Lebong yang berangkat tahun ini berjumlah 276 orang, dengan rincian sebanyak 234 orang tergabung dalam kloter 8 embarkasi Padang, bergabung dengan jemaah calon haji Kabupaten Bengkulu Selatan dan Kota Bengkulu.

Baca juga: CJH Rejang Lebong tergabung dalam embarkasi Padang

"Jamaah ini akan berangkat dari Rejang Lebong pada hari Sabtu tanggal 13 Juli, setelah shalat shubuh menuju asrama haji Bengkulu, selanjutnya pukul 22.15-23.15 WIB dari Bandara Fatmawati Bengkulu bertolak ke Bandara Minangkabau, Padang dan melanjutkan perjalanan menuju Madinah," jelasnya.

Kemudian 42 jemaah calon haji lainnya tergabung dalam kloter 12 embarkasi Padang, bergabung dengan jemaah tambahan dari 10 kabupaten/kota se Provinsi Bengkulu. Rombongan ini akan berangkat dari Rejang Lebong Selasa pagi (16/7) menuju asrama haji Bengkulu, dan Rabu dini hari (17/7) pukul 00.05 WIB bertolak ke Bandara Minangkabau, dan selanjutnya berangkat ke Madinah.

"Di asrama haji Bengkulu, jamaah ini akan menjalani pemeriksaan kesehatan ulang di KKP Klas III Bengkulu, kemudian pembagian gelang dan lainnya. Jemaah calon haji akan didampingi oleh tim kesehatan haji Dinkes Rejang Lebong di bawah koordinator dr Berliana," tambah dia lagi.

Baca juga: CJH Rejang Lebong terbagi dalam dua kloter
 

Pewarta: Nur Muhamad

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2019