Pemerintah Provinsi Bengkulu mencanangkan Bulan Bakti Gotong Royong Masyarakat (BBGRM) XVI tahun 2019 dan Hari Kesatuan Gerak PKK ke-47 yang dipusatkan di Desa Rami Mulya, Kabupaten Mukomuko ditandai pemukulan kentongan ratusan kali, Kamis.

“Ada pesan moral yang sangat kuat bahwa gotong royong adalah nilai warisan leluhur yang harus kita jaga dan kita praktikkan di masyarakat. Tadi secara simbolis pemukulan kentongan,” kata Gubernur Bengkulu Rohidin Mersyah dalam jumpa pers di Mukomuko, Kamis.

Pencanangan BBGRM XVI dan HKG PKK ke-47 yang dipusatkan di Desa Rami Mulya, Kecaatan Air Rami dihadiri oleh Bupati Mukomuko Choirul Huda, Wakil Bupati Haidir, perwakilan bupati dan wali kota dari sembilan kabupaten/kota di provinsi setempat.


Baca juga: Gubernur Bengkulu beri solusi tingkatkan harga sawit

Kemudian dihadiri oleh Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (FKPD) setempat, tokoh masyarakat, tokoh agama, kepala desa, camat dan pengurus badan usaha milikdesa di 10 kabupaten/kota.

Menurutnya, kalau dulu dua kali dan tiga kali bunyi kentongan masyarakat langsung berkumpul, kemudian dua kali dan tiga kali kali bunyi kentongan masyarakat langsung bekerja.

“Artinya gotong royong nilai nilai budaya yang harus kita jaga kembali, kita hidupkan kembali, secara simbolis maka kita adakan pencanangan bulan bakti gotong royong masyarakat,” ujarnya.


Baca juga: Mukomuko bagikan 20 kursi roda untuk para penyandang disabilitas

Menurutnya, tujuan kegiatan pencanangan bulan bakti gotong royong masyarakat di daerah ini untuk membangun kembali kebersamaan kegotong royongan di tengah masyarakat.

Kemudian akselerasi dangan gerak PKK, katanya, kekuatan inti keluarga yang harus dikedepankan sehingga fungsi-fungsi keluarga, fungsi ekonomi sosial betul berfungsi melalui program pokok PKK.

Lebih lanjut, ia mengatakan, mengapa tuan rumah kegiatan ini di kabupaten ini agar bagaimana semuanya ada rasa memiliki terhadap kegiatan pemerintah provinsi dan kegiatan ini bisa dilakukan bersama-sama.

Baca juga: Mukomuko validasi 285 nelayan calon penerima asuransi
Baca juga: Lima perahu nelayan Mukomuko karam diterjang ombak
Baca juga: Mukomuko ganti keluarga tidak layak terima bansos
Baca juga: Mukomuko terima bantuan rehab 200 rumah

Pewarta: Ferri Arianto

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2019