Sebanyak 35 orang anggota DPRD Kota Bengkulu periode 2019-2024 hasil Pemilihan Umum (Pemilu) 17 April lalu resmi dilantik. Pengambilan sumpah jabatan ini dilakukan dalam rapat paripurna di gedung DPRD Kota Bengkulu, Rabu (21/8).

Rapat paripurna istimewa pelantikan anggota dewan ini dibuka oleh Ketua DPRD Kota Bengkulu periode 2014-2019 Baidari Citra Dewi didampingi Wakil Ketua I Wien Zafitra Ruslan dan Wakil Ketua II Teuku Zulkarnain.

Setelah prosesi pengambilan sumpah jabatan dewan baru, pimpinan rapat paripurna diambil alih oleh Ketua DPRD Kota Bengkulu sementara Suprianto dan Wakil Ketua Marliadi.
Pelantikan anggota DPRD Kota Bengkulu. (Foto Antarabengkulu.com)

Pelantikan ini juga turut dihadiri Gubernur Bengkulu yang diwakili Staf Ahli Bidang Pemerintahan, Hukum dan Politik Oslita, Walikota Bengkulu Helmi Hasan dan Wakil Walikota Bengkulu Dedy Wahyudi. Jajaran Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (FKPD) Kota Bengkulu juga ikut hadir dalam pelantikan ini.

Ketua sementara DPRD Kota Bengkulu Suprianto mengatakan, dalam waktu dekat fokus DPRD Kota Bengkulu adalah membantu Pemerintah Kota untuk menyelesaikan persoalan banjir. 

"Penanganan banjir ini akan menjadi prioritas kita salah satunya adalah pembenahan drainase," kata Suprianto saat diwawancarai usai pelantikan.

Selain penanganan banjir, penerangan lampu jalan juga akan masuk kedalam skala prioritas DPRD Kota Bengkulu periode 2019-2024 ini. Hal ini, kata Suprianto, selain sejalan dengan program Pemkot, penerangan lampu jalan juga merupakan aspirasi dari masyarakat.

"Yang jelas kami akan mendukung sepenuhnya program pemerintah kota yang memang pro-rakyat," jelas Suprianto.
 
Pelantikan anggota DPRD Kota Bengkulu. (Foto Antarabengkulu.com)

Sementara itu, Wali Kota Bengkulu Helmi Hasan mengajak anggota dewan yang baru dilantik ini untuk meningkatkan sinergitas bersama Pemkot Bengkulu. Hal ini dalam rangka mewujudkan Kota Bengkulu yang religius dan bahagia.

Helmi juga mengucapkan selamat bagi anggota dewan yang baru dilantik dan berharap dapat mendukung program-program Pemkot baik dalam sisi anggaran, pengawasan dan regulasi.

"Sinergitas antara eksekutif, legislatif dan yudikatif itu penting untuk terwujudnya Kota Bengkulu yang religius dan bahagia," papar Helmi.

Disisi lain, mantan Ketua DPRD Kota Bengkulu Baidari Citra Dewi yang juga ikut kembali dilantik sebagai anggota dewan mengatakan, dirinya berharap pimpinan dewan yang baru nanti dapat melanjutkan program yang telah direncanakan oleh dewan sebelumnya. Terlebih dalam hal pengesahan Perda.

Anggota DPRD Kota Bengkulu periode 2014-2019 telah mengesahkan sekitar 54 Perda selama masa jabatannya. 

"Kemarin ada enam Perda yang sudah kita sahkan. Kami berharap kedepan dewan yang baru dapat menyelesaikan Perda yang belum selesai," paparnya.(Adv)

Pewarta: Carminanda

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2019