Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Mukomuko, Provinsi Bengkulu, menargetkan penyerapan Dana Desa tahap pertama dan kedua tahun ini minimal sebesar 75 persen pada bulan September 2019.

“Penyerapan Dana Desa tahap pertama dan kedua tahun ini minimal sebesar 75 persen pada bulan September tahun ini sebagai persyaratan mengajukan penyaluran Dana Desa tahap ketiga,” kata Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Mukomuko Gianto dalam keterangannya di Mukomuko, Sabtu.

Ia mengatakan, instansinya telah berkoordinasi dengan sejumlah desa di daerah itu dan penyerapan Dana Desa tahap pertama dan kedua di sejumlah desa ada yang 60 persen hingga 75 persen.

Ia yakin, penyerapan Dana Desa tahap pertama dan kedua oleh seluruh desa di daerah ini mencapai 75 persen hingga bulan September tahun ini agar penyaluran Dana Desa tahap ketiga dari Rekening Kas Umum Negara (RKUN) ke Rekening Kas Umum Daerah (RKUD) bulan September Tahun 2019.

“Harapan kami bulan September tahun ini Dana Desa tahap ketiga telah disalurkan ke RKUD,” ujarnya.

Seluruh desa sebelum itu atau sekitar bulan Agustus tahun ini harus segera menyampaikan laporan realisasi dan pencapaian Dana Desa tahap satu dan dua sekitar 75 persen.

Instansinya saat ini masih menunggu laporan realisasi dan pencapaian Dana Desa tahap satu dan dua dari seluruh desa di daerah itu. Laporan ini terkait dengan penyerapan Dana Desa dan output penggunaannya.

“Desa harus membuat laporan pertanggungjawaban penggunaan Dana Desa tahap satu dan dua sebesar 50 persen dan pencapaian output sebesar 75 persen,” ujarnya.

Ia menyatakan, laporan realisasi dan pencapaian Dana Desa tahap satu dan dua merupakan dasar bagi instansi ini dalam mengusulkan penyaluran Dana Desa tahap ketiga dari RKUN ke RKUD.

T
ahun 2019, pemerintah mengalokasikan penyaluran Dana Desa total Rp124 miliar untuk 148 desa di Kabupaten Mukomuko, lebih banyak ketimbang alokasi Dana Desa untuk Mukomuko tahun sebelumnya sekitar Rp106 miliar.

Pewarta: Ferri Arianto

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2019