Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Kabupaten Mukomuko, Provinsi Bengkulu, menyatakan pembelian sebanyak enam ton pakan untuk satu koperasi di daerah ini ditunda hingga September 2019.

“Ada pergeseran anggaran sehingga pembeliannya dari seharusnya bulan Juli 2019 ditunda September 2019," kata Kepala Bidang Budi Daya Perikanan DKP Kabupaten Mukomuko, Azbas Novyan dalam keterangannya di Mukomuko, Senin.

Pemerintah setempat tahun ini akan memberikan bantuan sebanyak enam ton pakan ikan kepada Koperasi Nila Kembar di daerah ini kemudian bantuan ini disalurkan kepada setiap anggotanya yang terdiri dari petani pembudidaya ikan.

Ia mengemukakan, penyaluran bantuan pakan ikan dari koperasi kepada petani budi daya dan pengolahan ikan di daerah ini melalui mekanisme pinjaman. Petani membayarnya setelah panen ikan.

Karena kalau bantuan pakan ikan tersebut diberikan langsung kepada petani budi daya dan pengolahan ikan yang ada di daerah ini, maka bantuan tersebut langsung habis pada saat itu juga.

“Pengalaman selama ini bantuan dari dinas ini seperti bantuan benih lele, terpal dan pakan ikan tidak bertahan dalam waktu lama. Setelah program berakhir tidak ada lagi pengembangan,” ujarnya.

Tetapi kalau penyaluran bantuan pakan ikan untuk petani budi daya dan pengolahan ikan melalui koperasi, maka pakan ikan ini menjadi modal awal koperasi dan modal ini akan terus berputar.

“Mulai sekarang ini kami menggunakan sistem bergulir dalam memberikan bantuan sarana dan prasarana perikanan budi daya berupa pakan ikan kepada koperasi di daerah ini selanjutnya koperasi yang mengelolanya untuk kepentingan petani yang menjadi anggotanya,” tambahnya.

Ia memprogram, bantuan pakan ikan untuk koperasi perikanan budi daya ini tidak hanya tahun ini saja tetapi berlanjut tahum 2020 dan lebih banyak lagi koperasi yang tersebar di daerah ini yang akan menerima bantuan ini.

Pewarta: Ferri Arianto

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2019