Dinas Pertanian dan Perikanan Kabupaten Rejang Lebong, Kabupaten Rejang Lebong, Provinsi Bengkulu saat ini menyiapkan 14 unit mesin pompa air untuk membantu petani di daerah itu yang lahan pertaniannya kekeringan.

Kepala Dinas Pertanian dan Perikanan Rejang Lebong, Taman SP saat berada di Pemkab Rejang Lebong, Senin, mengatakan penyiapan mesin pompa air tersebut dilakukan guna membantu petani yang sawahnya mulai terdampak akibat musim kemarau yang melanda wilayah itu.

"Saat ini Brigade Alsintan Dinas Pertanian dan Perikanan Rejang Lebong sudah menyiapkan 14 unit mesin pompa penyedot air, alat ini disiapkan untuk membantu kelompok tani maupun masyarakat yang lahan pertaniannya terdampak kekeringan," kata dia.

Kelompok petani yang akan meminjam mesin pompa air tersebut tambah dia, bisa mengajukan peminjaman kepada Dinas Pertanian dan Perikanan Rejang Lebong melalui surat tertulis sehingga alatnya bisa langsung dibawa guna digunakan secara berkelompok.

"Dari 14 unit mesin penyedot air yang disiapkan ini sebanyak enam unit sudah di pakai kelompok tani dengan sistem pinjam penggunaan," tambah dia.

Kalangan petani yang lahannya mulai terdampak kekeringan akibat kemarau, dipersilahkannya untuk mengajukan peminjaman melalui kelompok tani masing-masing. Petani bisa menyedot air dari sumber air yang tersedia guna dialirkan ke sawah secara bergiliran.

Sejauh ini, dari pengamatan pihaknya sejumlah sawah milik petani tersebar dalam beberapa kecamatan sudah mulai terdampak kekeringan, namun untuk jumlah luasannya masih di data oleh petugas penyuluh pertanian lapangan.

"Sudah ada lahan pertanian yang mengalami kekeringan seperti di wilayah Kecamatan Kota Padang dan beberapa kecamatan lainnya, saat ini petugas penyuluh lapangan sedang melakukan pendataan luasannya," kata Taman.
 

Pewarta: Nur Muhamad

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2019