Dinas Pertanian Kabupaten Mukomuko, Provinsi Bengkulu, menetapkan calon kelompok tani yang diusulkan sebagai penerima bantuan  alat mesin pertanian (Alsintan) dari pemerintah provinsi setempat.

“Sebanyak 17 kelompok tani untuk diusulkan sebagai calon penerima bantuan alsintan meliputi “handtractor” atau traktor roda dua, pompa air dan cultivator,” kata Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Mukomuko Heri Prasetyono melalui Kabid Prasarana dan Sarana Pertanian Ali Mukhibin dalam keterangannya di Mukomuko, Minggu.

Kabupaten Mukomuko tahun ini akan mendapatkan bantuan sebanyak 17 unit alsintan yang terdiri dari tujuh unit handtractor, delapan unit pompa air dan dua unit cultivator dari pemerintah provinsi setempat.

Ia mengatakan, instansinya telah membuat SK penetapan sebanyak 17 kelompok tani sebagai calon petani dan calon lokasi (CPCL) penerima bantuan alsintan dari pemerintah provinsi tahun 2019.

Ia menyebutkan, sebanyak tujuh kelompok tani di antaranya diusulkan sebagai calon penerima bantuan Handtraktor, delapan kelompok tani menerima bantuan pompa air dan dua kelompok tani menerima cultivator.

“Bantuan sebanyak 17 unit alsintan untuk kelompok tani yang tersebar di daerah ini bersumber dari dana tugas perbantuan (TP) pemerintah provinsi setempat tahun 2019,” ujarnya.

Selanjutnya, ia mengatakan, surat keputusan (SK) kepala dinas setempat terkait dengan penetapan CPCL penerima bantuan tiga jenis alsintan disampaikan kepada pemerintah provinsi setempat.

Terkait dengan penyaluran sebanyak 17 unit alsintan yang terdiri dari traktor roda dua, pompa air dan cultivator kepada kelompok tani di daerah ini, ia mengatakan, masih menunggu petunjuk dari pemerintah provinsi setempat.

“Kami belum mendapatkan petunjuk terkait dengan penyaluran bantuan alsintan untuk kelompok tani di daerah ini. Kemungkinan penyalurannya dalam waktu dekat ini,” ujarnya.

Kelompok tani di daerah ini mendapatkan bantuan alsintan terutama jenis handtractor untuk mempermudah petani dalam mengolah lahan pertanian tanaman pangan dan hortikultura.

Pewarta: Ferri Arianto

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2019