Pemerintah Provinsi Bengkulu menyiapkan lima event besar untuk perayaan puncak Wonderfull Bengkulu tahun 2020 mendatang. Kelima event itu yakni "Sport Tourism of Bencoolen", "Festival Bumi Raflesia", "Festival Tabut", "Bencoolen International Marine Festival" (BIM-FEST), dan Festival Pesisir Panjang.

Asisten 3 sekretariat daerah Provinsi Bengkulu Gotri Suyanto menjelaskan, pihaknya telah menyusun rencana jadwal atau calender event kelima kegiatan pariwisata tersebut. Namun rencana itu akan dibahas kembali dengan DPRD Provinsi Bengkulu karena terkait penganggarannya.

Kalender event itu diantaranya, kegiatan Sport Tourism Of Bencoolen direncanakan pada 20-27 Juni, Festival Bumi Raflesia pada 18-22 Juli, Festival Tabut pada 20-29 Agustus, Bencoolen International Marine Festival (BIM-FEST) pada 27 September hingga 1 Oktober dan Festival Pesisir Panjang 16-19 November.

"Kita sudah lakukan rapat persiapan pelaksanaan program prioritas visit Wonderful Bengkulu 2020. Rancangan kegiatannya sudah ada tapi tentu akan kita bahas bersama DPRD karena ini terkait penganggarannya pada 2020 mendatang," kata Gotri, Selasa.

Gotri menambahkan, dari 5 event unggulan Wonderfull Bengkulu 2020 itu diharapkan salah satunya bisa masuk dalam Top 100 Pesona Indonesia atau kalender pariwisata dari Kementerian Pariwisata menyusul 2 event pada tahun sebelumnya yakni Festival Bumi Rafflesia dan Festival Tabut yang lebih duhulu masuk dalam kalender pariwisata nasional.

Selain rancangan kegiatan untuk tahun depan, Gotri menyebut Pemprov Bengkulu juga telah melakukan evaluasi terhadap event yang telah diselenggarakan. 

Kata Gotri, Gubernur Bengkulu Rohidin Mersyah berharap pelaksanaan event tahun 2020 bisa lebih baik lagi dari tahun sebelumnya dan bisa lebih memberikan manfaat terutama manfaat ekonomi bagi masyarakat.

"Kita berharap mulai dari perencanaan hingga pelaksanaan kegiatan bisa lebih baik lagi dari tahun-tahun sebelumnya. Wisatawan yang hadir juga diharapkan lebih banyak lagi. Baik dari dalam maupun luar negeri," papar Gotri.

Pewarta: Carminanda

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2019