Pemerintah Provinsi Bengkulu dipastikan akan mendapat 40 kuota formasi untuk tes calon pegawai negeri sipil (CPNS) dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan RB).

"Alhamdulillah Provinsi Bengkulu dapat 40 formasi yang sudah disetujui oleh Kemenpan RB," kata Gubernur Bengkulu Rohidin Mersyah saat diwawancarai di Bengkulu, Sabtu.

Rohidin menjelaskan, sebenarnya kuota 40 formasi tersebut lebih sedikit dari yang diusulkan oleh Pemprov Bengkulu yakni sebanyak 52 formasi. Namun setelah dianalisa berdasarkan beban kerja serta bobotnya oleh Kemenpan RB yang disetujui hanya 40 formasi saja. 

Dari 40 Formasi itu, lanjut Rohidin, tebagi untuk tenaga teknis, tenaga kesehatan dan tenaga pendidikan. Rohidin juga memastikan proses tes CPNS kali ini akan sama dengan tahun 2018 lalu.

Peserta CPNS diingatkan mempersiapan diri dengan belajar sungguh- sungguh, latihan soal, dan tidak perlu minta pertolongan kesiapapun.

"Minta tolonglah kepada diri sendiri dengan kesiapan itu dan berdo'a. Jangan percaya dengan oknum yang mengatasnamakan bisa meloloskan. Sebab akan membuat masalah baru nantinya," papar Rohidin.

Sebelumnya, Kepala BKD Bengkulu Diah Irianti diundang ke KemenPAN RB, Kamis (17/10) mengambil kuota CPNS tahun ini. Sedangkan teknis penerimaan, tahun ini akan ditingkatkan.

Untuk pengumumaan seleksi CPNS, pelaksanaan dibuka 25 Oktober. Tidak semua instansi negara membuka formasi. Terdapat 541 instansi pusat maupun daerah yang mendapat jatah formasi tahun ini. Lantaran KemenPAN RB hanya membuka lowongan 197.111 formasi CPNS 2019.

Dari total 197.111 formasi tersedia 37.854 dialokasikan untuk kementerian dan lembaga ditingkat pusat. Sedangkan 159.257 formasi didistribusikan untuk 467 pemerintah daerah.

Pewarta: Carminanda

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2019