Dinas Pertanian Kabupaten Mukomuko, Provinsi Bengkulu, akan membeli tiga unit mesin pencacah pelepah tanaman kelapa sawit menjadi pakan hewan ternak untuk kelompok tani di daerah ini senilai Rp130 juta.

“Tahun ini kami membeli sebanyak tiga unit mesin pencacah pelepah kelapa sawit menjadi pakan hewan ternak sapi. kerbau dan kambing untuk tiga kelompok tani di daerah ini,” kata Kabid Peternakan dan Kesehatan Hewan Dinas Pertanian Kabupaten Mukomuko Warsiman di Mukomuko, Minggu.

Pada 2018, pemkab membeli lima unit mesin serupa.

Ia menyatakan, pihaknya baru memasukkan dokumen pengadaan tiga unit mesin pencacah pelepah kelapa sawit tersebut kepada pejabat pengadaan barang dan jasa pemerintah.

Ia mengatakan, pihaknya menggunakan sistem pengadaan barang melalui e-katalog untuk membeli sebanyak tiga unit alat mesin pencacah pelepah kelapa sawit untuk petani setempat.

“Kami menggunakan sistem e-katalog ini agar pelaksanaan kegiatan pengadaannya lebih cepat dan praktis. Selain itu sudah ada pabrik yang khusus menjual alat mesin ini,” ujarnya.

Sebanyak tiga unit mesin pencacah pelepah kelapa sawit untuk tiga kelompok tani, yakni satu kelompok tani di Kecamatan Air Dikit dan dua kelompok tani di Kecamatan Kota Mukomuko.

Instansinya memberikan bantuan kepada tiga kelompok itu karena banyak populasi hewan ternak baik sapi, kerbau maupun kambing tetapi sumber pakan kurang.

Selain itu, ia mengatakan, kegiatan ini diharapkan dapat meminimalisasi hewan ternak milik masyarakat petani di daerah ini dilepasliarkan di jalan raya dan fasilitas umum di daerah ini.

Pewarta: Ferri Arianto

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2019