Pemerintah Kabupaten Mukomuko, Provinsi Bengkulu kembali memberikan bantuan beronjong atau perangkap untuk mengendalikan hama babi yang merusak tanaman pangan dan holtikultura milik dua kelompok tani di Kecamatan Air Rami.

“Kami memberikan bantuan beronjong masing-masing sebanyak 150 piece (unit) kepada dua kelompok tani yang membutuhkan untuk mengendalikan hama babi yang merusak tanaman pangan dan holtikultura,” kata Kasi Proteksi Tanaman Pangan dan Holtukultura Dinas Pertanian Kabupaten Mukomuko Wal Asri dalam keterangannya di Mukomuko, Jumat.

Dinas Pertanian setempat memberikan bantuan beronjong masing-masing 150 unit guna menindaklanjuti proposal permohonan beronjong atau perangkap babi dari Kelompok Tani Sukma IV Desa Tirta Kencana dan Kelompok Tani Giri Mulya Desa Rami Mulya.

Ia memastikan pemberian bantuan total beronjong 300 unit atau 150 unit untuk masing-masing kelompok tani dari dua kelompok tani itu sesuai dengan aturan yang berlaku.

Dinas Pertanian memberikan bantuan beronjong berdasarkan hasil rekomendasi dari petugas peternakan kecamatan (PPK), petugas penyuluhan pertanian (PPL), dan kepala desa setempat.

Instansi itu memberikan bantuan berojong kepada kelompok tani tersebut, setelah PPK dan PPL sebelumnya melakukan pengecekan tanaman pangan dan holtikultura yang diserang babi.

Ia berharap, beronjong dari pemerintah daerah setempat itu dapat membantu petani di Kecamatan Air Rami dalam mengatasi serangan hama babi yang merusak tanaman mereka.

Ia mengatakan anggota dua kelompok tani di daerah itu secara swadaya memasang ratusan beronjong di sekeliling lahan tanaman pangan dan holtikultura.

Dinas Pertanian setempat sebelummya memberikan bantuan beronjong untuk pengendalian hama babi yang merusak tanaman pangan dan holtikultura milik Kelompok Tani Tanjung Indah Desa Suka Pindah, Kecamatan Lubuk Pinang.

Pewarta: Ferri Aryanto

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2019