Dinas Pariwisata, Kepemudaan dan Olahraga Kabupaten Mukomuko, Provinsi Bengkulu, menargetkan pembangunan Gedung Olahraga (GOR) tipe B di daerah ini mulai bulan Februari 2020.

“Ditargetkan bulan Februari 2020 di mulai dengan lelang fisik terlebih dahulu, kemudian dilanjutkan dengan pembangunannya,” kata Kepala Dinas Pariwisata, Kepemudaan dan Olahraga Kabupaten Mukomuko Apriansyah dalam keterangannya di Mukomuko, Selasa.

Pemerintah setempat mendapatkan dana alokasi khusus sebesar Rp12,8 miliar dari pemerintah pusat untuk pembangunan GOR di lahan kosong seluas 14 hektare yang berada dekat dengan rumah dinas wakil bupati setempat.

Instansinya sebelumnya mengikuti rapat penyusunan rencana kegiatan dana alokasi khusus (DAK) olahraga di Jakarta dan ditetapkan lokasinya di lahan seluas 14 hektare di Kecamatan Kota Mukomuko.

Ia menyebutkan anggaran sebesar itu untuk pembangunan GOR tipe B untuk tempat latihan dan perlombaan enam cabang olahraga, yakni bulu tangkis, bola voli, bola basket, futsal, tenis lapangan dan sepak takraw.

Ia menyatakan pihaknya menetapkan lokasi untuk pembangunan GOR tersebut guna melengkapi persyaratan pembangunan GOR multicabang yang dibutuhkan oleh pemerintah pusat.

Karena lokasi lahan untuk pembangunan GOR multicabang di daerah ini harus disesuaikan dengan titik koordinat dengan sistem yang dipakai sekarang ini guna memastikan bahwa titik lokasi dalam pembangunan GOR multicabang tersebut tidak berubah.

Ia menyatakan meskipun pemerintah setempat telah menyiapkan lahan seluas 14 hektare, lahan yang dibutuhkan untuk pembangunannya hanya seluas sekitar 50 X 30 meter.

Sedangkan sisa lahan pembangunan GOR tersebut masih bisa digunakan untuk pengembangan pembangunan stadion, seperti arena lari dan pembangunan berbagai cabang olahraga lainnya.

“Lahan lain bisa digunakan untuk pengembangan pembangunan sarana dan prasarana berbagai cabang olahraga lainnya,” ujarnya.

Pewarta: Ferri Aryanto

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2019