Pemerintah Kabupaten Mukomuko, Provinsi Bengkulu, menyiapkan anggaran sebesar Rp750 juta untuk penyelenggaraan pemilihan kepala desa (Pilkades) serentak tahun 2020 di daerah tersebut.

“Hasil pembahasan di tim anggaran pemerintah daerah (TAPD), realisasi anggaran untuk penyelenggaraan pilkades serentak di daerah ini sebesar Rp750 juta, dan termasuk pembahasan anggaran di tingkat komisi DPRD setempat,” kata Kabid Pemerintah Desa Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Mukomuko Eka Purwanto di Mukomuko, Kamis.

Ia menyebutkan, anggaran sebesar Rp750 juta tersebut paling banyak untuk kebutuhan penyelenggaraan pilkades serentak di masing-masing desa di daerah ini, yakni sebesar Rp550 juta, lalu sisanya untuk operasional panitia penyelenggara pilkades mulai dari tingkat desa hingga kabupaten setempat.

Ia menjelaskan, anggaran sebesar Rp550 juta tersebut, sebagian anggaran di antaranya digunakan untuk pembelian berbagai alat tulis kantor (ATK), honorarium dan pengamanan pilkades di tingkat desa.

Selain itu, katanya, setiap desa dari sebanyak 47 desa di daerah ini yang menyelenggarakan pilkades serentak pada 2020 memperoleh bantuan dana rata-rata sebesar Rp10 juta.

Kemudian, ada sebagian dana untuk penyelenggaraan pilkades serentak di daerah ini untuk biaya pengamanan di tingkat kabupaten, yakni untuk aparat penegak dari kepolisian resor setempat.

Sedangkan logistik pilkades serentak pada 2020 seperti kotak suara dan bilik suara, ia mengatakan, pihaknya masih menggunakan logistik pilkades serentak yang lama.

Ia mengatakan, pihaknya berencana menggelar tahapan pemilihan kepala desa serentak di sebanyak 47 desa di daerah ini seperti data pemilik sementara (DPS) dan data pemilih tetap (DPT) mulai April hingga Mei 2020.

Sedangkan rencananya hari pelaksanaan pemungutan suara pilkades serentak di daerah ini sekitar bulan Oktober atau November 2020, atau setelah pemilihan kepala daerah (pilkada).

Pewarta: Ferri Aryanto

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2019