Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Mukomuko, Provinsi Bengkulu, membagikan pakan ikan sebanyak 6.100 kilogram kepada Koperasi Nila Kembar Desa Maju Makmur, Kecamatan Penarik untuk pengembangan usaha koperasi yang bergerak di sektor perikanan budi daya ini.

“Kami telah membagikan pakan ikan sebanyak 6.100 kilogram kepada koperasi beberapa hari yang lalu. Selanjutnya koperasi ini memanfaatkan bantuan ini untuk modal usahanya,” kata Kabid Budi Daya Perikanan Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Mukomuko Azbas Novyan dalam keterangannya di Mukomuko, Jumat.

Pemerintah Kabupaten Mukomuko tahun ini mengalokasikan dana dalam APBD untuk membeli pakan ikan sebanyak 6.100 kilogram untuk Koperasi Nila Kembar Desa Maju Makmur, Kecamatan Penarik.

Ia mengatakan, saat ini Koperasi Nila Kembar memiliki sebanyak 20 orang anggota dan setiap anggota koperasi memiliki usaha di sektor perikanan budi daya, yakni sebagai petani pembudidaya ikan air tawar.


Ia menyatakan, Pemerintah Kabupaten Mukomuko melalui Dinas Kelautan dan Perikanan memberikan modal usaha berupa pakan ikan sebanyak 6.100 kilogram untuk pengembangan usaha koperasi ini, termasuk untuk pengembangan usaha setiap anggota koperasi ini.

Sedangkan sistem pengaturan pakan ini melalui pinjaman, kemudian ikan hasil budi daya anggota koperasi ini dijual kepada koperasi ini dengan harga yang disepakati dalam anggota.

“Setiap anggota meminjam pakan ikan kepada koperasinya, selanjutnya pengembalian utangnya setelah panen ikan hasil budi dayanya dengan harga koperasi sekaligus dihitung utangnya,” ujarnya pula.

Ia menyatakan, pembayaran utang pinjaman kepada koperasi ini dilaksanakan secara bertahap sekitar 20 persen terlebih dahulu dan pembayaran utang pinjaman saat panen ikan.

Ia menilai, sistem pinjaman dalam melakukan aktivitas budi daya ikan ini bertujuan untuk meringankan masyarakat petani pembudidaya ikan dalam mengembangkan usahanya. 

Pewarta: Ferri Aryanto

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2019