Gubernur Bengkulu Rohidin Mersyah pekan depan dijadwalkan akan membagikan sertifikat tanah bagi warga Kampung Nelayan, Sumber Jaya, Kampung Melayu, Kota Bengkulu.

Kata Rohidin, pembuatan sertifikat tanah itu telah diselesaikan oleh Kantor Perwakilan Kementerian Agraria dan Tata Ruang, Badan Pertanahan Nasional (BPN) Provinsi Bengkulu.

Sebanyak 443 sertifikat tanah dengan total luas lahan mencapai 11,8 hektare siap dibagikan kepada warga setempat. Tanah ini dulunya masuk dalam lahan Hak Guna Usaha (HGU) PT Pelindo II namun telah dihibahkan kepada warga.

"Penyerahan sertifikat tanah bagi warga Kampung Nelayan kita agendakan Minggu depan," kata Rohidin saat dimenerima kunjungan Plt Kepala Kantor Wilayah Kementerian ATR/BPN Provinsi Bengkulu di ruang kerja gubernur.

Semula penyerahan sertifikat tanah warga Kampung Nelayan, Kota Bengkulu ini direncanakan akan diserahkan langsung oleh Presiden Joko Widodo, namun pihak Istana mengkonfirmasi Presiden berlahangan hadir.

Sebab program pembagian sertifikat tanah gratis kepada warga ini masuk dalam program reforma agraria yang menjadi program unggulan Pemerintahan Presiden Jokowi.

Sebagai gantinya, penyerahan sertifikat tanah bagi warga Kampung Nelayan, Kota Bengkulu ini akan diserahkan oleh Gubernur Bengkulu Rohidin Mersyah.

"Karena sertifikat ini sudah ditunggu-tunggu masyarakat jadi segera kita bagikan. Sertifikatnya sudah jadi, tinggal diserahkan," papar Rohidin.

Gubernur berharap seletah sertifikat tanah ini dibagikan tidak ada lagi kekhawatiran bagi warga setempat soal kepastian kepemilikan tanah.

Tanah yang telah disertifikatkan itu juga diharapkan bisa membantu perekonomian warga setempat, baik yang tujuannya untuk dikelola sebagai kebun maupun sebagai lahan untuk tempat tinggal.

Pewarta: Carminanda

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2019