Pemerintah Kabupaten Mukomuko, Provinsi Bengkulu, melalui Dinas Pertanian setempat berencana membagikan alat mesin pertanian (alsintan) berupa "resmilling mobile” untuk memberikan pelayanan penggilingan padi keliling desa kepada kelompok tani di daerah ini pada 2020.

“Pengadaan dua unit 'resmilling mobile' ini pada akhir tahun 2019 yang bersumber dari APBD perubahan, pembagiannya tahun 2020,” kata Kabid Prasarana dan Sarana Pertanian Dinas Pertanian Kabupaten Mukomuko Ali Mukhibin dalam keterangan di Mukomuko, Sabtu.

Dinas Pertanian setempat tahun ini mendapatkan alokasi dana sebesar Rp200 juta yang bersumber dari APBD perubahan untuk membeli sebanyak dua unit "resmilling mobile" untuk memberikan pelayanan penggilingan padi keliling desa untuk dua kelompok tani di daerah ini.

Alokasi dana untuk membeli alat mesin pertanian untuk memberikan pelayanan penggilingan padi keliling desa di daerah ini bertambah dibandingkan sebelumnya untuk membeli satu unit "resmilling mobile".

Ia menyebutkan, sebanyak dua kelompok tani yang tersebar di Kecamatan Ipuh dan Malin Deman yang akan mendapatkan hibah alat mesin pertanian dari pemerintah setempat.

Pemerintah setempat melalui Dinas Pertanian memberikan bantuan tersebut kepada dua kelompok tani ini untuk melayani penggilingan padi yang berasal dari sawah tadah hujan di wilayah ini.

“Mayoritas sawah di wilayah ini merupakan sawah tadah hujan dan luas sawah di wilayah ini mencapai ratusan hektare tetapi petani di wilayah ini kesulitan peralatan untuk menggiling padinya,” katanya.

Pihaknya sedang mengurus daftar nominatif calon penerima hibah daerah untuk dua kelompok tani yang tersebar di dua kecamatan paling ujung daerah ini.

Selain itu, juga akan melakukan verifikasi data kelompok tani yang menerima bantuan alat mesin pertanian dari pemerintah setempat, demikian Ali Mukhibin.


Pewarta: Ferri Aryanto

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2019