Dinas Pertanian Kabupaten Mukomuko, Provinsi Bengkulu, tahun ini akan membangun saluran irigasi tersier untuk mengairi lahan persawahan milik petani di satuan pemukiman (SP) V Desa Tirta Makmur.

“Saat ini kami sedang membuat perencanaan fisik pembangunan saluran irigasi tersier untuk mengairi lahan persawahan milik petani di SP V Desa Tirta Makmur,” kata Kabid Prasarana dan Sarana Pertanian Dinas Pertanian Kabupaten Mukomuko Ali Mukhibin dalam keterangannya di Mukomuko, Minggu.

Dinas Pertanian Kabupaten Mukomuko tahun ini mendapatkan alokasi dana sebesar sekitar Rp168 juta dalam APDB untuk membangun saluran irigasi tersier di SP V Desa Tirta Mulya.

Pemerintah setempat mengalokasikan dana sebesar sekitar Rp168 juta dalam APBD tahun ini berdasarkan proposal usulan pembangunan saluran irigasi tersier dari kelompok tani di daerah ini.

Kemudian proposal usulan pembangunan saluran irigasi tersier dari kelompok tani di wilayah tersebut masuk dalam salah satu program instansi ini dan disetujui oleh DPRD setempat.

Selain itu berdasarkan hasil survey lokasi lahan persawahan milik petani di wilayah ini membutuhkan sarana pertanian berupa saluran irigasi tersier untuk mengairi lahan sawah yang berada jauh dari saluran irigasi tersier.

“Kami membangun saluran irigasi tersier agar air irigasi di wilayah ini bisa mengalir ke sejumlah lahan persawahan milik petani yang selama ini belum mendapatkan air,” ujarnya pula.

Dinas Pertanian setempat tahun ini tidak hanya membangun saluran airigasi tersier di daerah ini tetapi juga merehabilitasi saluran irigasi yang rusak sehingga membuat air mengalir tidak lancar ke lahan persawahan milik petani setempat.

“Rehabilitasi saluran irigasi tersier tahun ini di tiga titik. Salah satu saluran irigasi tersier yang akan direhabilitasi tahun ini berada di Desa Pauh Terenja dan Tanjung Alai,” ujarnya.

Pewarta: Ferri Aryanto

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2020