Dinas Pertanian Kabupaten Mukomuko, Provinsi Bengkulu, akan menetapkan delapan orang yang lulus seleksi sebagai penyuluh pertanian swadaya di daerah ini pada akhir Februari 2020.

“Akhir bulan ini ditetapkan delapan orang penyuluh pertanian swadaya di daerah ini,” kata Kepala Bidang Penyuluhan Pertanian Dinas Pertanian Kabupaten Mukomuko Elxandi dalam keterangannya di Mukomuko, Minggu.

Pemerintah setempat melalui Dinas Pertanian tahun 2020 ini membuka penerimaan tenaga penyuluh pertanian swadaya untuk menyebarkan berbagai informasi tentang pertanian kepada petani di daerah ini.

Ia menyebutkan, sekitar 33 orang telah mengikuti seleksi penerimaan tenaga penyuluh pertanian lapangan. Dari puluhan peserta seleksi ini, sebanyak 18 orang di antaranya penyuluh pertanian swadaya tahun 2019 dan sisanya peserta baru.

Ia mengatakan puluhan peserta penerimaan penyuluh pertanian swadaya di daerah ini telah mengikuti seleksi tahap awal yakni seleksi berkas administrasi.

Selanjutnya penilaian terhadap semua peserta seleksi penerimaan penyuluh pertanian swadaya di daerah ini. Instansinya melibatkan Balai Penyuluh Pertanian (BPP) yang tersebar di 15 kecamatan di daerah ini.

“Kami meminta setiap BPP memberikan penilaian dan rekomendasi terhadap setiap peserta terutama yang sudah pernah menjadi penyuluh pertanian swadaya di daerah ini,” ujarnya.

Selanjutnya hasil seleksi administrasi hingga penilaian dan rekomendasi dari BPP di daerah ini menjadi bahan pertimbangan bagi instansinya untuk menetapkan sebanyak delapan penyuluh pertanian swadaya di daerah ini.

Ia mengatakan delapan penyuluh pertanian swadaya ini terdiri dari unsur kelompok tani di daerah ini yang memiliki latar belakang atau pendidikan pertanian.

Sebanyak delapan orang tenaga penyuluh pertanian swadaya di daerah ini akan menerima gaji sebesar Rp900 ribu per bulan yang bersumber dari APBD daerah itu. 

Pewarta: Ferri Aryanto

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2020