Ketua KPU Kota Bengkulu, Martawansyah mengatakan, pihaknya saat ini tengah melakukan verifikasi berkas 669 orang yang telah mendaftar sebagai anggota Panitia Pemungutan Suara (PPS) untuk pelaksanaan pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur pada Pilkada serentak September mendatang.

Martawansyah mengatakan, nantinya dari jumlah pendaftar tersebut pihaknya akan menetapkan 201 anggota PPS terpilih saja. Anggota PPS itu akan bertugas di 67 kelurahan yang tersebar di 9 kecamatan di Kota Bengkulu. Setiap kelurahan akan terdapat 3 anggota PPS.

"Sejak kemarin dilaksanakan verifikasi administrasi berkas calon PPS pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Bengkulu tahun 2020, dengan total pelamar 669 dari 9 kecamatan di Kota Bengkulu," kata Martawansyah di Bengkulu, Rabu (26/2).

Martawansyah menjelaskan, pendaftaran seleksi anggota PPS ini secara resmi telah ditutup pada 24 Februari lalu. Dari jumlah pendaftar tersebut diketahui sudah memenuhi kuota yakni 2 kali kebutuhan atau 6 orang. 

Setelah tahap verifikasi berkas, pendaftar yang lolos seleksi administrasi akan menjalani tes tertulis. Setelah itu akan dilakukan tahapan tanggapan masyarakat, tes wawancara, tanggapan masyarakat hasil wawancara.

"Masa kerja PPS ini selama delapan bulan terhitung 23 Maret hingga 30 November 2020. Setelah sumua rangkaian seleksi ini selesai, kemungkinan pelantikan anggota PPS terpilih akan kita lakukan pada Maret mendatang," jelas Martawansyah.

Pewarta: Carminanda

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2020