Bengkulu (ANTARa Bengkulu) - Satuan Karya Pramuka Kencana (Saka Kencana) dapat menghasilkan kaum muda Indonesia ke masa depan yang lebih baik menjadi kaum muda yang berkualitas.

Kepala Perwakilan Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) provinsi Bengkulu Widati dalam sambutannya pada pelantikan pengurus Saka Kencana di gedung Balatbang BKKBN setempat, Kamis mengatakan, Saka Kencana di Provinsi Bengkulu mempunyai tugas dan kewajiban untuk mengantarkan kaum muda indonesia ke masa depan yang lebih baik.

Bersama lembaga pengelola program kependudukan dan KB organisasi pramuka itu, dapat berjalan bersama dalam berupaya meningkatkan kualitas SDM, khususnya kaum remaja dan sekaligus menekan laju pertumbuhan penduduk dalam berbagai program, salah satunya yaitu Generasi Berencana (GenRe.)

Program GenRe ini diharapkan dapat mendidik dan membina usia remaja untuk dapat merencanakan kehidupannya dengan lebih baik lagi sebelum memasuki masa pernikahan. Dengan demikian, setelah berumah tangga nanti dapat merencanakan waktu yang baik untuk memiliki anak dan mengatur jarak kelahiran agar generasi muda Indonesia memiliki hidup sejahtera dan berkarakter di masa mendatang.

"Kaum muda adalah salah satu kelompok penduduk yang harus dibina secara terus menerus dan dimantapkan dalam menentukan kehidupannya, sehingga memiliki sikap dan perilaku yang siap menerima tantangan masa depan," ujarnya.

Saka Kencana diharapkan mampu mengembangkan program Kependudukan dan Keluarga Berencana bagi generasi muda yang terlibat dalam Gerakan Pramuka sehingga tercipta Generasi Muda yang tangguh, mapan berkwalitas dan berakhlak mulia, tambah Widati.

"Saya berharap pada kaum muda agar mampu menjadikan dirinya dan anak cucunya kelak sebagai manusia Indonesia yang berkualitas, tidak saja cerdas, sehat dan terampil, namun bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, memiliki loyalitas, dedikasi, dan disiplin yang tinggi serta berbudi pekerti luhur," ujarnya.(VE)

Pewarta:

Editor : Rangga Pandu Asmara Jingga


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2013