Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi dan Usaha Kecil Menengah Kabupaten Mukomuko, Provinsi Bengkulu, akan memverfikasi data usaha kecil menengah (UKM) yang diusulkan sebagai calon penerima bantuan dari Kementerian Perdagangan.

"Penerimanya sudah ada yakni UKM di daerah ini yang mengusulkan proposal usulan bantuan gerobak. Selanjutnya kami verifikasi data untuk memastikan UKM tersebut memiliki izin usaha," kata Kepala Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi dan Usaha Kecil Menengah Kabupaten Mukomuko Herlian di Mukomuko, Kamis.

Sebelumnya, pemerintah setempat melalui Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi dan Usaha Kecil Menengah menerima penyaluran sebanyak dua gerobak souvenir, 40 gerobak dagang dan lima tenda untuk kalangan UKM dari Kementerian Perdagangan.

Ia menjelaskan calon penerima bantuan gerobak dagang dan tenda dari Kementerian Perdagangan adalah puluhan pelaku UKM yang tersebar di sejumlah wilayah dan pernah mengusulkan proposal bantuan gerobak pada tahun sebelumnya.

Menurut Herlian, pelaku UKM yang diusulkan sebagai calon penerima bantuan gerobak dan tenda ini harus melengkapi persyaratan, salah satunya memiliki izin usaha perdagangan.

Meski demikian, ia mengakui dari puluhan UKM yang mengusulkan proposal usulan gerobak itu, kemungkinan masih ada pelaku usaha yang belum mempunyai izin usaha perdagangan.

Untuk itu, Herlian menyarankan UKM yang belum memiliki izin usaha perdagangan agar segera mengurus proses izin usaha tersebut.

"Kami akan membantu UKM di daerah ini yang ingin mengurus surat izin usaha dan pembuatan surat izin usaha ini gratis. UKM cukup melengkapi persyaratan yang dibutuhkan," ujarnya.

Pewarta: Ferri Aryanto

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2020