Pemerintah Kabupaten Mukomuko, Provinsi Bengkulu, tahun ini kembali memberikan bantuan 40 ekor kambing jenis peranakan etawa untuk pengembangan hewan ternak  di daerah setempat.

“Tahun ini kita ada lagi rencana pengadaan kambing jenis peranakan etawa (PE). Bantuan 40 ekor ini untuk dua kelompok tani di Desa Lubuk Mukti dan Desa Maju Makmur Kecamatan Penarik,” kata Kabid Peternakan dan Kesehatan Hewan Dinas Pertanian Kabupaten Mukomuko Warsiman di Mukomuko, Minggu.

Bidang Peternakan dan Kesehatan Hewan Dinas Pertanian setempat tahun ini kembali mendapatkan dana alokasi umum (DAU) sebesar Rp170 juta untuk membeli 40 ekor kambing jenis PE untuk kelompok tani di daerah ini, sama dengan tahun sebelumnya.

Belum lama ini telah menyelesaikan tahapan survey kambing jenis PE yang ada di luar daerah ini untuk menentukan harga perkiraan sementara (HPS) kambing tersebut.

Setelah itu akan menyiapkan beberapa bahan dan dokumen untuk selanjutnya diusulkan untuk proses pengadaan barang dan jasa pemerintah ke pejabat pengadaan.

Kalau peternakan yang ada disana sudah bisa produksi susu kambing jenis PE ini dan setiap kambing jenis PE ini mampu memproduksi satu hingga dua liter per hari, ujarnya.

Diharapkan dua kelompok tani yang masing-masing mendapatkan bantuan 30 ekor kambing dan 10 ekor kambing ini mendapatkan tahun ini ini tidak hanya mampu meningkatkan populasi hewan ternak di daerah ini saja tetapi juga bisa memproduksi susu kambing.

Pemerintah daerah setempat tahun ini kembali membeli puluhan ekor kambing untuk petani setempat, guna meningkatkan populasi ternak itu dan mendukung persediaan daging kambing di daerah setempat.

Berdasarkan data statistik peternakan yang sudah diverifikasi dan validasi Badan Pusat Statistik (BPS) daerah itu, jumlah populasi kambing pada 2018 mencapai 17.742 ekor.

Pewarta: Ferri Aryanto

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2020