Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Mukomuko, Provinsi Bengkulu, mengupayakan pelantikan sebanyak 453 Panitia Pemungutan Suara (PPS) untuk Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) tetap dilaksanakan pada Maret 2020.

“Terkait tahapan yang bertepatan dengan 14 hari pemberlakuan siaga nasional untuk pencegahan dan antisipasi penyebaran Virus Corona di internal lembaga ini, terhadap agenda pelantikan PPS tetap dilaksanakan dalam bulan ini, tetapi di wilayah masing-masing,” kata Ketua KPU Kabupaten Mukomuko Irsyad Kamarudin dalam keterangannya di Mukomuko, Selasa.

Ia mengatakan hal itu menindaklanjuti surat edaran dari KPU RI tentang tindak lanjut pencegahan penularan Virus Corona baru atau COVID-19 di lingkungan Komisi Pemilihan Umum.

Ia mengatakan, bahwa berdasarkan tahapan Pilkada serentak 2020 di daerah ini, pelantikan sebanyak ratusan PPS untuk Pilkada serentak tahun ini dilaksanakan tanggal 22 Maret 2020.

Kemudian setelah pelantikan sebanyak ratusan PPS tersebut, katanya, selanjutnya komisioner KPU setempat memberikan bimbingan teknis (Bimtek) untuk meningkatkan sumber daya manusia anggota PPS.

“Rencananya lokasi pelantikan sebanyak 453 PPS di satu tempat yakni di Bapelitbang Kabupaten Mukomuko. Karena ada arahan dari atasan, sehingga lokasi pelantikan tersebar di wilayah kecamatan masing-masing,” ujarnya.

Ia menyatakan, meskipun lokasi pelantikan PPS tersebar di kecamatan masing-masing dari sebanyak 15 kecamatan di daerah ini, tetap waktu pelantikannya diupayakan selama satu hari.

Ia mengatakan, rencananya setiap komisioner KPU dari sebanyak lima komisioner bertugas melantik PPS di tiga kecamatan. Sedangkan waktu pelaksanaan pelantikannya mulai dari pagi, siang, dan sore hari.

Sedangkan bimbingan teknis terhadap PPS, katanya, ditunda pelaksanaannya pada awal April atau setelah berakhir 14 hari pemberlakuan siaga nasional untuk pencegahan dan antisipasi Corona, dan penundaan ini masih memungkinkan karena PPS melaksanakan tugas pada bulan ini.***2***

Pewarta: Ferri Aryanto

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2020