Bengkulu (ANTARA Bengkulu) - Pemerintah Kabupaten Mukomuko Provinsi Bengkulu memiliki gedung pendidikan dan pelatihan (Diklat) Kependudukan dan Keluarga Berencana untuk mempermudah akses pelatihan bagi kader dan pengelola program KKB.

Kepala Badan Kependudukan Keluarga Berencana dan Pemberdayaan Perempuan (BKKB&PP) Kabupaten Mukomuko Farida Ariani mengatakan, pembangunan balai diklat KKB di daerah ini dibangun melalui Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) kabupaten tahun anggaran 2012.

Hal itu upaya pemerintah setempat dalam mendukung pelaksanaan program Kependudukan dan KB agar lebih berhasil dimasa datang, baik pencapaian program berdasarkan kualitas maupun kuantitas. Selian itu pembangunan yang baru usai itu dapat menjaddi sarana penunjang dalam peningkatan kualitas SDM pengelola program KKB di daerah itu, ujarnya kepada wartawan di Mukomuko belum lama ini.

Gedung Diklat yang berdiri tepatnya di halaman kantor BKKB&PP itu akan diresmikan langsung oleh Bupati Mukomuko pada Maret 2013 usai perayaan Hari Ulang Tahun Kabupaten akhir Pebruari mendatang, ujarnya.

Kendati sarana yang ada belum mencukupi namun kegiatan pendidikan dan pelatihan dapat digelar di balai tersebut, sehingga mempermudah pelaksanaan pelatihan bagi insan pengelola program.

"Dengan adanya gedung Diklat maka pelatihan dan pendidikan dapat dilaksanakan di Mukomuko, tidak harus mengikuti kegiatan di Provinsi Bengkulu, apalagi yang bersifat kegiatan lokal," tambahnya.

Menurut Farida, gedung yang dibangun melalui dukungan APBD Kabupaten Mukomuko itu akan lebih bermanfaat dalam peningkatan kualitas SDM pengelola maupun kader KB di daerah ini, sehingga sejumlah petugas penyuluh KB dapat diberikan pencerahan secara terkonsep karena telah memiliki sarana penunjang.

Ia menambahkan, pembangunan sarana program di daerah ini selain dari APBD, juga terdapat dukungan Dana Alokasi Khusus (BKKBN) yang dibangunkan sesuai prosedur dengan bangunan fisik balai penyuluhan KB di dua kecamatan. Melalui bantuan DAK bangunan pendukung kegiatan juga terdapat gedung alat kontrasepsi. Semua itu dapat membantu pelaksanaan program secara maksimal di daerah ini, pungkasnya. (pen)

Pewarta:

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2013