Dinas Pertanian Kabupaten Mukomuko, Provinsi Bengkulu, memberikan bantuan insektisida dan moluskisida untuk menanggulangi hama dan penyakit yang menyerang tanaman padi milik dua kelompok tani di Kecamatan Selagan Raya.

“Kami telah memberikan bantuan insektisida cair, padat dan moluskisida yang dibutuhkan oleh dua kelompok tani ini untuk menanggulangi hama dan penyakit yang merusak tanaman padi,” kata Kasi Proteksi Tanaman Pangan dan Hortikultura Dinas Pertanian Kabupaten Mukomuko Wal Asri dalam keterangannya di Mukomuko, Rabu.

Dinas Pertanian setempat memberikan bantuan insektisida dan moluskisida guna menindaklanjuti surat permohonan bantuan pestisida untuk menanggulangi hama dan penyakit yang menyerang tanaman padi dari dua kelompok tani di Kecamatan Selagan Raya.

Ia mengatakan, pihaknya telah memberikan bantuan moluskisida sebanyak 10 liter dan insektisida sebanyak 10 liter kepada Kelompok Tani Sungai Pile Desa Talang Buai, Kecamatan Selagan Raya.

Ia menyebutkan, seluas 18,50 hektare tanaman padi milik Kelompok Tani Sungai Pile Desa Talang Buai, seluas empat hektare di antaranya yang terserang hama keong dan ulat penggulung daun.

Kemudian instansinya juga telah menyerahkan bantuan insektisida sebanyak 20 kilogram kepada Kelompok Tani Sungai Barau Desa Aur Cina, Kecamatan Selagan Raya. Seluas empat hektare lahan milik kelompok tani ini yang terserang hama tikus, kepinding tanah dan walangsangit.

Ia berharap, bantuan insektisida dan moluskisida dari pemerintah setempat ini selain membantu kelompok tani di wilayah ini untuk menanggulangi dan mengantisipasi hama dan penyakit yang merusak tanaman padi, sekaligus mencegah jangan sampai serangan hama meluas ke lahan tanaman padi milik kelompok tani lainnya.

Selanjutnya, katanya, dua kelompok tani ini secara swadaya meyemprotkan insektisida dan moluskisida di lahan persawahan miliknya yang terserang hama dan penyakit.***3***

Pewarta: Ferri Aryanto

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2020