Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Mukomuko, Provinsi Bengkulu, berharap penyaluran Bantuan Langsung Tunai (BLT) dana desa tahap pertama bisa direalisasikan pada Kamis (21/5).

“Kalau penyaluran dana desa dari rekening Bank Bengkulu ke rekening seluruh desa di daerah ini lancar siang hari ini, maka BLT dana desa bisa mulai disalurkan kepada penerima manfaat besok Kamis (21/5),” kata Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Mukomuko Gianto di Mukomuko, Rabu.

Ia mengatakan, dari sebanyak 148 desa di daerah ini yang menerima bantuan dana desa dan alokasi dana desa yang bersumber dari APBD dan APBN, baru sebanyak empat desa di antaranya yang sudah menerima dana desa di rekeningnya masing-masing.

Sedangkan sebanyak 144 desa lainnya di daerah ini sedang dalam proses penyaluran dana desa dari rekening Bank Bengkulu ke rekening masing-masing desa. Pada rekening desa ini masih menunggu selesainya input data dari pihak Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara (KPPN).

Ia mengatakan, penyaluran dana desa tahap kedua sebesar 40 persen dari rekening Bank Bengkulu ke rekening desa dibagi menjadi tiga tahap yakni sebesar 15 persen, 15 persen dan 10 persen.

Ia mengatakan, saat ini semua desa tanpa syarat menerima penyaluran dana desa sebesar 15 persen dari 40 persen dana desa tahap kedua untuk BLT dana desa bagi masyarakat.

“Tanpa syarat dari KPPN, penyaluran dana desa tahap kedua untuk semua desa di daerah ini langsung ditransfer dari Bank Bengkulu ke rekening seluruh desa di daerah ini,” ujarnya.

Sedangkan jumlah keluarga masyarakat yang menerima BLT dana desa terdata sebanyak 9.027, tetapi masih ada tambahan karena masih ada sebanyak 19 desa yang datanya belum masuk.

Pewarta: Ferri Aryanto

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2020