Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Mukomuko Provinsi Bengkulu menargetkan penyaluran Bantuan Langsung Tunai (BLT) dana desa tahap kedua kepada keluarga warga tergolong ekonomi miskin yang terdampak COVID-19 di daerah ini pada bulan Juni 2020.

“Kalau tidak hari ini, besok Jumat (19/6) dana desa untuk BLT ditransfer karena ada gangguan jaringan. Selanjutnya pembagiannya dalam bulan Juni ini juga,” kata Kasi Administrasi Penggunaan Keuangan dan Aset Desa pada Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Mukomuko Wagimin di Mukomuko, Kamis.

Sebanyak 148 desa yang tersebar di 15 kecamatan di daerah ini yang menerima penyaluran dana desa untuk BLT tahap dua sebesar 15 persen dan bantuan sosial ini dibagikan kepada sekitar 9.000 keluarga.

Dari sebanyak 148 desa di daerah ini, sebanyak 142 desa di daerah ini menerima penyaluran dana desa sebesar 15 persen kedua tahap kedua dan enam desa menerima penyaluran dana desa sebesar 15 persen kedua tahap pertama.

Sebanyak enam desa di daerah ini menggunakan dana desa tahap pertama untuk memberikan BLT kepada masyarakatnya dan sebanyak 142 desa menggunakan dana desa tahap kedua.

Ia memastikan, tidak ada kendala dari pihak Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara menyalurkan dana desa tahap pertama dan kedua untuk BLT bagi keluarga warga tergolong ekonomi miskin di daerah ini.

“Kalau penyaluran BLT dana desa tahap pertama, desa harus menyiapkan Perkades (peraturan kepala desa) dan desa juga harus mengadakan musyawarah desa untuk menentukan keluarga masyarakat sebagai penerima BLT, kini menggunakan desa cukup memakai data lama,” ujarnya.

Selain itu, ia mengatakan, desa di daerah ini belum perlu melaporkan realisasi penyaluran BLT dana desa tahap pertama untuk mendapatkan penyaluran BLT dana desa tahap kedua.

“Desa ini melaporkan realisasi penyaluran BLT dana desa tahap pertama dan jedua menjelang penyaluran dana desa untuk BLT tahap ketiga,” ujarnya.

Terkait dengan perubahan PMK Nomor 50 Tahun 2020, BLT dana desa ditambah dari tiga bulan menjadi enam bulan, tetapi dana BLT bulan keempat hingga keenam masing-masing sebesar Rp300 ribu per bulan.***3***
 

Pewarta: Ferri Aryanto

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2020