Pemerintah Provinsi Bengkulu menetapkan delapan objek wisata yang masuk dalam nominasi Ajang Pesona Indonesia (API) Awards 2020. 

Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Bengkulu Irsan Setiawan mengatakan delapan nominasi tersebut meliputi promosi pariwisata digital terpopuler, destinasi belanja terpopuler, destinasi kreatif terpopuler, ekowisata terpopuler, surga tersembunyi terpopuler, wisata air terpopuler, makanan tradisional terpopuler, dan destinasi unik terpopuler.

"Periode promosi dan pemilihan, serta kampanye pariwisata Indonesia ke seluruh channel media promosi dimulai dari 1 Agustus hingga 31 Desember 2020 dan pengumuman awal Januari 2021," kata Irsan di Bengkulu, Selasa. 

Irsan mengatakan penyelenggaraan API bertujuan mendorong peran serta berbagai pihak, baik masyarakat, swasta maupun pemerintahan daerah provinsi, kabupaten dan kota dalam mempromosikan pariwisata serta mengembangkan ekonomi kreatif secara langsung, nyata dan masif di masing-masing daerah. 

Kegiatan ini dimulai dengan mengajak para pejalan serta para wisatawan domestik dan internasional serta masyarakat luas di Indonesia untuk memilih destinasi ataupun obyek wisata yang terfavorit ataupun terpopuler menurut pendapat mereka. 

"Silahkan masyarakat mendukung dengan cara memberikan suara bagi destinasi atau obyek wisata yang dipilih melalui berbagai media channel vote API berdasarkan kategori pariwisata dan nominasi yang telah lolos dalam tahap proses seleksi dan penjurian oleh komite seleksi," ujarnya.

Adapun cara memilih dengan cara me-like foto nominasi di feed instagram @APIAWARD atau melalui sms kode nominasi ke 99386 dengan kode sebagai berikut, pariwisata digital terpopuler yaitu instagram dinas pariwisata (API 3C), destinasi belanja terpopuler yaitu kawasan anggut Kota Bengkulu (API 5E), destinasi kreatif terpopuler yaitu Bukit Jipang Rejang Lebong (API 15B), ekowisata terpopuler yaitu Kabawetan Kepahiang (API 9E).

Kemudian nominasi surga tersembunyi terpopuler yaitu Pulau Enggano Bengkulu Utara (API 18F), wisata air terpopuler yaitu Sekunyit Surf Kaur (API 8F), makanan tradisional terpopuler yakni pendap Bengkulu Selatan (API 1F) serta destinasi unik terpopuler yaitu Danau Gedang Bengkulu Tengah (API 16D).

Pewarta: Bisri Mustofa

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2020