Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Mukomuko, Provinsi Bengkulu, menyatakan proses pencocokan dan penelitian (coklit) data pemilih yang dilaksanakan oleh petugas pemuktahiran data pemilih (PPDP) pilkada serentak di daerah itu telah mencapai sekitar 90 persen.

“Coklit data pemilih telah selesai di delapan kecamatan atau sekitar 90 persen. Target kami tanggal 8 Agustus 2020 sudah final atau selama tiga minggu coklit,” kata Komisioner KPU Kabupaten Mukomuko Misbahul Amri di Mukomuko, Rabu.

Sebanyak 370 orang PPDP yang tersebar di 148 desa dan tiga kelurahan melakukan pencocokan dan penelitian atau coklit terhadap 124.363 data pemilih Pilkada 2020.

Ia mengatakan, mayoritas PPDP di daerah itu telah menyelesaikan tugasnya melakukan proses coklit data pemilih. Petugas PPDP melaksanakan coklit pada sore dan malam hari agar dapat bertemu langsung dengan masyarakat yang terdaftar sebagai pemilih.

Setelah PPDP menyelesaikan coklit data pemilih, kemudian akan dilanjutkan dengan penyusunan daftar pemilih sementara pada bulan Agustus 2020.

Sesuai dengan Peraturan KPU (PKPU) no 5/2020, jadwal coklit data pemilih dimulai 15 Juli hingga 13 Agustus 2020. Sementara penyusunan daftar pemilih hasil pemutakhiran oleh Panitia Pemungutan Suara (PPS) dijadwalkan mulai 7 Agustus-29 Agustus 2020. 

Sementara itu, KPU Mukomuko menggandeng Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) setempat untuk mensosialisasikan tentang Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak di rumah ibadah di daerah tersebut.

“Kami ada rencana menggandeng FKUB untuk mensosialisasikan tentang pilkada di rumah ibadah di daerah ini, selanjutnya tokoh dari berbagai agama menyampaikan dalam materi khutbah di rumah ibadahnya masing-masing," kata KPU Kabupaten Mukomuko Irsyad Kamarudin di Mukomuko, Senin (3/8).
 

Pewarta: Ferri Aryanto

Editor : Helti Marini S


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2020