Pemerintah Kabupaten Mukomuko, Bengkulu menggandeng tenaga ahli dari Kabupaten Painan, Sumatera Barat, untuk melakukan tera ulang timbangan seluruh Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) dan pabrik minyak kelapa sawit di daerah ini.

“Kita menggandeng tenaga ahli dari Kabupaten Painan, Sumbar karena tenaga kita yang sudah ada dan terlatih belum berpengalaman melakukan tera ulang,” kata Kabid Perdagangan Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi dan Usaha Kecil Menengah Kabupaten Mukomuko Antoni di Mukomuko, Jumat.

Ia mengatakan, daerah ini sudah memiliki sebanyak dua orang yang telah dilatih menjadi tenaga ahli tera ulang, tetapi mereka ini belum berpengalaman dalam melakukan pengecekan timbangan.

Untuk itu, katanya, instansinya menggandeng tenaga ahli dari provinsi tetangga dan diharapkan dua tenaga yang terlatih dalam melakukan tera timbangan bisa belajar dari ahlinya.

Ia mengatakan, tenaga ahli dari Kabupaten Painan, Sumbar ini sangat mendukung langkah yang dilakukan pemerintah setempat dan mereka siap membagikan pengalamannya kepada tenaga di daerah ini.

Terkait dengan kegiatan tera ulang timbangan, ia mengatakan, tim tera ulang pemerintah setempat sejak beberapa hari terakhir melakukan tera ulang timbangan seluruh SPBU dan pabrik minyak kelapa sawit yang tersebar di sejumlah wilayah ini.

Ia mengatakan, pihaknya melakukan tera ulang timbangan sesuai dengan permohonan dari pihak SPBU dan pabrik minyak kelapa sawit yang tersebar di 15 kecamatan di daerah ini.

Selain itu SPBU dan pabrik minyak kelapa sawit tersebut memiliki kewajiban rutin tera ulang timbangannya sebagai persyaratan untuk memperpanjang izin usahanya dan tanpa itu usaha mereka bisa berhenti.

Tim melakukan tera ulang untuk memastikan keakuratan dan memberikan peringatan kepada SPBU dan pabrik minyak kelapa sawit yang timbangannya tidak akur agar tidak merugikan konsumen.

 

Pewarta: Ferri Aryanto

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2020