Dinas Sosial Kabupaten Mukomuko, Provinsi Bengkulu, menyebutkan sebanyak 972 keluarga miskin yang masuk data terpadu kesejahteraan sosial (DTKS) tetapi belum pernah menerima bantuan sosial akan menerima bantuan sosial tunai (BST) sebesar Rp500 ribu dari Kementerian Sosial.

“Sebanyak 972 keluarga warga yang tergolong ekonomi miskin ini masuk dalam DTKS tetapi selama ini mereka belum pernah menerima bantuan sosial dari pemerintah. Sekarang ini mereka akan mendapatkan BST, tetapi hanya satu bulan sebesar Rp500 ribu,” kata Kepala Dinas Sosial Kabupaten Mukomuko Saroni di Mukomuko, Selasa.

Dinas Sosial setempat sebelumnya mengusulkan sebanyak 1.500 keluarga warga yang tergolong ekonomi miskin yang masuk dalam DTKS sebagai calon penerima BST kepada pemerintah pusat melalui Kementerian Sosial.

Tetapi dari usulan ribuan keluarga warga miskin sebanyak itu, katanya, yang diakomodir oleh Kementerian Sosial sebanyak 972 keluarga warga miskin di daerah ini, atau sekitar sebagian dari keluarga miskin tersebut.
Jumlah keluarga miskin yang masuk dalam DTKS di daerah ini mencapai sekitar 15 ribu keluarga, tetapi sebagian besar di antaranya telah menerima bantuan sosial baik BST maupun bantuan langsung tunai.

Ia mengatakan, instansinya mengusulkan sebanyak 1.500 keluarga warga miskin di daerah ini karena ribuan keluarga miskin ini yang selama ini belum menerima bantuan sosial  jenis apa pun dari Kementerian Sosial.

Ia mengatakan, rencananya sebanyak 972 keluarga warga miskin di daerah ini akan menerima bantuan sosial tunai sebesar Rp500 ribu dari Kementerian Sosial pada bulan September 2020.

Sementara itu rata-rata pekerjaan keluarga warga miskin yang menerima BST dari Kementerian Sosial tersebut bekerja serabutan sebagai buruh harian lepas di sektor pertanian maupun buruh bangunan yang tersebar di 15 kecamatan di daerah ini.***3***
 

Pewarta: Ferri Aryanto

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2020