Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Mukomuko Provinsi Bengkulu menyebutkan baru sebanyak 5.021 keluarga atau 55 persen dari 9.144 keluarga yang menerima manfaat bantuan langsung tunai dana desa (BLT-DD).

“Sebanyak 5.021 KPM yang telah menerima penyaluran BLT-DD bulan keempat ini tersebar di 148 desa,” kata Kepala Bidang Pemerintahan Desa pada Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Mukomuko M Fadli di Mukomuko, Senin.

Ia mengatakan hal itu menindaklanjuti laporan jumlah penerima manfaat BLT-DD bulan keempat dan realisasi penyaluran BLT-DD berpedoman dengan peraturan kepala desa terhitung tanggal 31 Agustus 2020.

Ia menyebut pembagian BLT DD tahap keempat di daerah ini sebesar Rp300.000 per orang, menurun dibandingkan dengan BLT DD tahun sebelumnya sebesar Rp600.000.

Ia mengatakan desa yang telah membagikan BLT DD tahap keempat ini yang telah menetapkan APBDes dan Peraturan kepala desa (Perkades) tentang Perubahan pagu dana desa untuk BLT tahap keempat.

Ratusan desa di daerah ini yang telah membagikan BLT DD tahap keempat itu, katanya, desa-desa yang masih memiliki stok dana cukup di rekening desanya masing-masing.

Ia mengatakan bagi desa yang jumlah penerimanya sebanyak 50 orang kemungkinan masih memiliki stok dana yang cukup di rekening desanya, tetapi kalau jumlah penerima BLT DD lebih dari 50 orang kemungkinan desa tidak memiliki dana yang cukup di rekeningnya.

Desa yang tidak memiliki stok dana yang cukup di rekening desanya untuk membagikan BLT DD tahap keempat menunggu penyaluran dana desa tahap ketiga sekitar September tahun ini.

“Bagi desa yang cukup dana desa bisa membagikan BLT DD tahap keempat tetapi desa yang tidak cukup dananya di rekening menunggu penyaluran Dana Desa tahap ketiga,” ujarnya.

Sebanyak 9.114 kepala keluarga di daerah ini yang terdampak COVID-19 yang menerima BLT DD tahap keempat dengan jumlah total dana sekitar Rp2,7 miliar.

Pewarta: Ferri Aryanto

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2020