Sebanyak lima kelompok tani di Kabupaten Mukomuko, Provinsi Bengkulu tahun ini akan menerima bantuan sebanyak 50 ekor sapi dengan sistem bergulir dari pemerintah setempat.

“Bantuan yang telah digulirkan sebanyak 30 ekor kepada lima kelompok tani, dari target 50 ekor sapi atau 10 ekor per kelompok. Kami targetkan kelompok ini menerima bantuan sapi sesuai dengan target dalam tahun ini,” kata Kabid Peternakan dan Kesehatan Hewan Dinas Pertanian Kabupaten Mukomuko Warsiman di Mukomuko, Selasa.

Sebanyak lima kelompok tani ini berada di sejumlah wilayah di Kabupaten Mukomuko dalam tahun ini telah mendapatkan sebanyak 30 sapi bantuan pemerintah yang telah berkembangbiak.

Sebanyak lima kelompok ini tersebar di sejumlah wilayah yakni satu kelompok tani di Kecamatan Selagan Raya, satu kelompok di Desa Sungai Rengas, satu kelompok di Desa Agung Jaya dan dua kelompok tani di Kelurahan Bandar Ratu.

Ia mengatakan, masih ada sebanyak 20 ekor sapi bantuan pemerintah yang telah berkembang biak yang akan digulirkan kepada kelompok tani yang belum memperoleh bantuan ini.

“Masih ada setengahnya lagi yang belum disetorkan oleh sejumlah kelompok tani kepada dinas ini untuk digulirkan kepada lima kelompok tani yang mendapatkan bantuan sapi bantuan pemerintah ini,” ujarnya.

Ia menyatakan, pihaknya telah meminta kepada sejumlah kelompok tani yang berhasil mengembang biakkan sapi bantuan pemerintah untuk segera menyetorkan kewajibannya untuk digulirkan kepada kelompok tani lain.

Ia menjelaskan, bersarkan surat perjanjian kerja sama selama lima tahun diharapkan kelompok tani sudah mengembalikan setoran dua ekor anak untuk setiap ekor sapi gaduhan atau pokok.

Ia mencatat sebanyak 1.378 ekor sapi bantuan pemerintah baik dari pemerintah kabupaten maupun provinsi yang dikembangbiakkan oleh sejumlah kelompok tani di daerah ini..

Pewarta: Ferri Aryanto

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2020