Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Mukomuko Provinsi Bengkulu menyebutkan baru sebanyak 52 dari 148 desa di daerah itu yang akan menerima penyaluran dan alokasi dana desa tahap ketiga.

“Sebanyak 52 desa menerima penyaluran dana desa dan alokasi dana desa tahap ketiga dalam minggu ini,” kata Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Mukomuko Gianto di Mukomuko, Rabu.

Ia mengatakan baru sebanyak 52 desa di daerah ini menerima penyaluran dan alokasi dana desa tahap ketiga karena puluhan desa yang pertama kali mengajukan penyaluran dana ini.

Ia mengatakan, instansinya menerima pengajuan penyaluran dan alokasi dana desa tahap ketiga dari sebanyak 52 dari 148 desa di daerah ini sejak seminggu yang lalu.

Kemudian instansinya memproses berkas pengajuan milik sebanyak puluhan desa ini dan memasukkan ke Badan Keuangan Daerah Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara (KPPN).

Ia menargetkan, tidak hanya puluhan desa ini saja yang menerima penyaluran dana desa dan alokasi dana desa tahap ketiga dalam bulan September 2020 tetapi semua desa di daerah ini.

Untuk itu, ia mengatakan, pihaknya terus mendorong agar desa segera mengajukan penyaluran dana desa dan alokasi dana desa tahap ketiga termasuk melengkapi kekurangan persyaratan untuk menerima penyaluran dana tersebut.

Ia menjelaskan, sebanyak 54 desa di daerah ini belum mengajukan penyaluran dana desa dan alokasi dana desa tahap ketiga karena desa ini sedang penyelesaikan APBDes perubahan tahun ini.

Selain itu, katanya, sebanyak puluhan desa tersebut belum mengajukan penyaluran dana desa dan alokasi dana desa tahap ketiga karena pembayaran pajak kegiatan bersumber dari dana desa di desa ini belum belum lunas.

Pewarta: Ferri Aryanto

Editor : Helti Marini S


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2020