Salah seorang seniman Kabupaten Mukomuko, Provinsi Bengkulu, akan menerima penghargaan Anugerah Kebudayaan Nasional Tahun 2020 dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

“Maknuyah pelatih seni Tari Gandai di Sanggar Sirih Serumpun Desa Dusun Baru Kecamatan Air Dikit yang akan menerima penghargaaan Anugerah Kebudayaan Nasional 2020 untuk kategori Maestro Seni,” kata Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Mukomuko Ruslan dalam keterangannya di Mukomuko, Kamis.

Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Mukomuko bersama dengan Camat Air Dikit mengusulkan Maknuyah Pelatih Tari Gandai di daerah ini sebagai salah satu penerima Anugerah Kebudayaan Nasional 2020.

Maknuyah ini merupakan salah satu dari 130 orang yang diajukan oleh pemerintah kabupaten/kota yang tersebar di Indonesia sebagai penerima Anugerah Kebudayaan Nasional 2020, namun yang lolos hanya lima orang dan salah satunya seniman asal Kabupaten Mukomuko.

Ia mengatakan, bahwa Kemendikbud telah menetapkan Maknuyah sebagai salah satu dari lima orang seniman dari berbagai daerah di Indonesia sebagai penerima Anugerah Kebudayaan Nasional 2020 pada Rabu (21/10).

Selanjutnya Maknuyah akan mendapatkan penghargaan berupa pin emas, sertifikat dan uang pensiunan dari Presiden Joko Widodo pada 14 November 2020 di Hotel Aston, Jakarta atau bertepatan dengan rangka Anugerah Kebudayaan Nasional yang digelar Kemendikbud.

 “Penyerahan penghargaan ini dilaksanakan di Jakarta, bertempat di Hotel Aston, tanggal 14 November 2020. Insya Allah, Ibu Maknuyah ini akan berangkat langsung. Karena sesuai undangan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, yang diundang itu Maestro ditambah satu orang pendamping,” ujarnya.

Selain Seniman dari Kabupaten Mukomuko, Seniman lain yang menerima penghargaan ini dari Provinsi Nusa Tenggara Timur, Provinsi Maluku Utara, Provinsi Kalimantan Tengah dan Provinsi Kalimantan Barat.

Pewarta: Ferri Aryanto

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2020