Anak muda Bengkulu meluncurkan "Sayurbuk", aplikasi belanja sayuran secara online untuk memudahkan masyarakat berbelanja kebutuhan sehari-hari tanpa ke pasar sekaligus menekan penyebaran COVID-19 di Provinsi Bengkulu.

"Sejak pandemi COVID-19 masuk ke Bengkulu, masyarakat mulai belanja online untuk memenuhi kebutuhannya," kata Owner Sayurbuk Boni Fasius Jodi (19) di Bengkulu, Kamis. 

Ia menambahkan karena melihat banyak masyarakat yang memilih untuk berbelanja online maka dirinya tertarik untuk merilis aplikasi "Sayurbuk".

Konsep aplikasi " Sayurbuk" yaitu menyediakan sayuran dan buah organik langsung dari pedagang pasar kepada masyarakat.

"Di tengah pandemi ini, saya tidak sangka Sayurbuk berperan penting dalam mendukung kebijakan pemerintah untuk menyediakan kebutuhan masyarakat secara online dengan sekali klik dan kirim tanpa repot keluar rumah," ujarnya. 

Lanjut Boni, saat pandemi masuk ke Bengkulu pada April 2020, ia berinisiatif mendirikan Sayurbuk untuk membantu para pedagang yang kesulitan menjual dagangannya di pasar. 

Karena sering main media sosial, ia bertemu dengan seseorang yang ahli dalam membuat aplikasi. 

Sejak diluncurkannya aplikasi Sayurbuk, antusias masyarakat berbelanja semakin tinggi, bahkan dalam sehari sebanyak kurang lebih 10 orang melakukan order melalui aplikasi sayurbuk.

"Sejak adanya aplikasi Sayurbuk tetangga saya yang rumahnya dekat pasar lebih memilih memesan dengan saya dibandingkan membelinya langsung di pasar, karena lebih aman dan terhindar dari COVID-19," kata Boni.

Meskipun antusias masyarakat yang menggunakan aplikasi Sayurbuk terbilang tinggi, pihaknya terus mengembangkan platform ini agar dapat membantu menjaga keberlangsungan pedagang serta mendorong perekonomian mereka. 

Bukan hanya itu, Sayurbuk saat ini berusaha untuk menjangkau lebih banyak pedagang lagi khususnya yang berada di daerah terpencil.

"Untuk memenuhi kebutuhan lebih banyak pelanggan, Sayurbuk kini tengah mengupayakan pengembangan area jangkauan pengiriman hingga ke luar Kota Bengkulu," katanya.

Pewarta: Anggi Mayasari

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2020