Dinas Kesehatan Kabupaten Mukomuko, Provinsi Bengkulu, menyebutkan sebanyak 106 orang di daerah ini yang kontak erat dengan delapan pasien COVID-19 dan dicurigai terjangkit virus corona jenis baru itu, menjalani tes usap guna mengetahui terjadi penularan virus ini atau tidak.

“Saat ini kami telah melakukan tes usap terhadap 95 orang yang kontak erat dengan delapan pasien COVID-19 ditambah 11 orang yang 'suspect' atau dicurigai COVID-19, sehingga jumlahnya menjadi 106 orang,” kata Sekretaris Dinas Kesehatan Kabupaten Mukomuko Bustam Bustomo di Mukomuko, Senin.

Sebanyak 95 orang ini kontak erat dengan delapan pasien COVID-19, yakni dua kasus dari Kecamatan Penarik, satu kasus dari Kecamatan Air Manjuto, dua kasus dari Kecamatan Lubuk Pinang, satu kasus dari Kecamatan Kota Mukomuko dan dua kasus dari Kecamatan Sungai Rumbai.

Dari delapan kasus COVID-19 di daerah tersebut, sebanyak tujuh orang di antaranya terjangkit virus corona jenis baru tersebut setelah kontak erat dengan tujuh orang pasien COVID-19 sebelumnya, sedangkan satu kasus belum diketahui riwayat kontaknya.

Selain itu dari delapan kasus COVID-19 ini, sebanyak enam orang pasien COVID-19 di daerah ini tanpa gejala, sedangkan dua pasien dengan gejala ringan seperti mual, muntah dan indra penciumannya hilang atau tidak berfungsi.

Kemudian dari delapan kasus COVID-19 di daerah ini, tujuh orang di antaranya laki-laki dan satu perempuan dan ada dua orang yang terjangkit virus corona ini yang merupakan pasangan suami istri.

Kemudian sebanyak 11 warga lainnya di daerah ini aktif mendatangi Dinas Kesehatan setempat karena mereka merasa ada gejala yang mengarah ke penyakit virus corona.

Ia mengapresiasi, belasan warga setempat yang ada gejala COVID-19 aktif mendatangi Dinas Kesehatan untuk menjalani tes usap atau swab. ***3***

Pewarta: Ferri Aryanto

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2020