Dinas Kesehatan Kabupaten Mukomuko Provinsi Bengkulu menyatakan Puskesmas Air Manjuto saat ini kembali buka setelah tutup selama lima hari pada  21-26 Desember 2020 karena seorang pegawai positif COVID-19.

“Puskesmas Air Manjuto sudah buka dan sudah memberikan pelayanan kesehatan kepada masyarakat di wilayah ini,” kata Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Mukomuko Desriani dalam keterangannya di Mukomuko, Minggu.

Puskesmas Air Manjuto sebelumnya mengumumkan kepada masyarakat untuk menutup atau tidak memberikan pelayanan kesehatan karena ada seorang pegawai di sarana kesehatan ini yang dinyatakan positif COVID-19.

Ia menyatakan puskesmas ini sebelumnya tutup atau tidak memberikan pelayanan kesehatan kepada masyarakat guna memutuskan rantai penularan virus corona di wilayah ini.

Desriani mengatakan petugas Dinas Kesehatan telah melakukan penelusuran kontak sekaligus mengambil sampel tes usap terhadap orang yang pernah kontak erat dengan pasien COVID-19 di Puskesmas Air Manjuto.

Ia menyebutkan sekitar 39 orang di wilayah kerja Puskesmas Air Manjuto menjalani tes usap setelah kontak erat dengan pegawai di fasilitas kesehatan tingkat pertama ini positif COVID-19.

Ia memastikan seluruh tenaga kesehatan dan pegawai di Puskesmas Air Manjuto yang pernah kontak erat dengan pegawai Puskesmas ini yang positif COVID-19 menjalani tes usap.

Ia mengatakan tidak hanya tenaga kesehatan termasuk keluarga tenaga kesehatan dan warga yang pernah berobat di puskesmas ini dan kontak erat dengan pegawai yang positif COVID-19.

Ia mengatakan sampel tes usap milik tenaga kesehatan dan masyarakat di wilayah ini dikirim ke laboratorium untuk memastikan mereka positif atau negatif terjangkit virus corona jenis baru itu.

Ia mengatakan setelah tenaga kesehatan dan masyarakat ini menjalani tes usap, selanjutnya mereka untuk sementara waktu menjalani isolasi mandiri guna mencegah penularan COVID-19.

Pewarta: Ferri Aryanto

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2020