Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Mukomuko Provinsi Bengkulu menyebutkan 90 persen sekolah dasar hingga sekolah menengah pertama di daerah setempat mengadakan kegiatan belajar mengajar secara tatap muka dengan standar protokol kesehatan.

“Sebesar 90 persen sekolah mengadakan KBM tatap muka berdasarkan laporan dari seluruh pengawas sekolah yang melakukan survey ke sekolah-sekolah di daerah ini,” kata Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Mukomuko Ruslan di Mukomuko, Kamis.

Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Mukomuko sebelumnya mengadakan rapat dengan seluruh pengawas sekolah dasar hingga sekolah menengah yang tersebar di 15 kecamatan di daerah ini.

Ia menyebutkan, sebesar 90 persen sekolah dari sebanyak 134 sekolah dasar dan 47 sekolah menengah pertama yang tersebar di 15 kecamatan di daerah ini yang mengadakan belajar tatap muka.

Sedangkan masih ada 10 persen sekolah di daerah ini yang belum mengadakan belajar tatap muka karena ada beberapa kepala sekolah, guru dan staf yang terjangkit virus corona.

“Kalau ada guru atau orang dalam sekolah yang terjangkit virus corona belum kita izinkan mengadakan belajar tatap muka, termasuk orang tua siswa juga tidak mengizinkan,” ujarnya.

Sementara itu, Dinas Pendidikan menunda sementara belajar tatap muka di sekolah dari sedianya tanggal 4 Januari menjadi 7 Januari 2021 guna mencegah penyebaran dan penularan COVID-19 di daerah ini.

Karena kemungkinan ada sebagian guru maupun siswa baru pulang kampung dan rawan terjadinya penularan virus corona sehingga pelaksanaan belajar tatap muka diundur sampai hari Kamis ini.

Untuk itu, ia menyarankan guru dan siswa yang baru pulang dari daerah lain terutama dari daerah zona merah untuk melakukan isolasi mandiri guna mencegah penyebaran virus corona di daerah ini.

Ia memastikan semua sekolah telah menyiapkan berbagai alat untuk protokol kesehatan untuk pencegahan penularan virus corona seperti alat pemeriksa suhu tubuh, tempat cuci tangan dan sabun dan masker untuk siswanya.
Kemudian sejumlah sekolah di daerah ini juga telah menyiapkan jadwal untuk setiap siswanya masuk sekolah diatur berdasarkan sif dan jadwal ini telah disusun oleh sekolah tersebut.

Pewarta: Ferri Aryanto

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2021