Pemerintah Kabupaten Mukomuko, Provinsi Bengkulu, tahun ini mendapat dana tugas perbantuan (TP) provinsi untuk membeli pipa yang dibutuhkan untuk pengairan lahan tanaman holtikultura seluas 15-20 hektare di Desa Sendang Mulya, Kecamatan Penarik.

“Jenis kegiatannya perpipaan, lokasinya di Desa Sedang Mulya dan bentuk kegiatannya pembelian pipa untuk mengairan lahan tanaman holtikultura di wilayah ini,” kata Kasi Sarana dan Prasarana Dinas Pertanian Kabupaten Mukomuko Dodi Hardiansyah di Mukomuko, Minggu.

Jumlah dana kegiatan perpipaan atau kegiatan pembeli pipa untuk pengairan lahan tanaman holtikultura sebesar Rp100 juta yang bersumber dari dana tugas perbatuan provinsi.

Kelompok tani di Desa Sendang Mulya secara swakelola melaksanakan kegiatan ini. kelompok tani yang membeli pipa yang dibutuhkan untuk pengairan lahan tanaman holtikultura.

Selanjutnya kelompok tani di wilayah ini membeli pipa agar dapat mengalirkan air dari sumber air yang berasal dari embung ke lahan tanaman holtikultura milik anggota kelompok tani ini.

Pemerintah sebelumnya membangun embung untuk penampungan air yang dibutuhkan untuk pengairan lahan tanaman holtikultura di wilayah ini, namun jangkauan masih terbatas.

Kemudian daerah ini tahun 2021 kembali mendapatkan bantuan dana untuk kegiata dengan jenis perpipaan dan bentuk kegiatannya membeli pipa yang dibutuhkan untuk mengalirkan air dari embung ke lahan tanaman holtikultura di wilayah ini.

Ia mengatakan, keberadaan pipa ini nantinya tidak hanya untuk mengairi lahan tanaman holtikultura milik anggota kelompok tani ini, termasuk semua lahan tanaman holtikultura di wilayah ini.

“Kalau selama ini jangkauan air yang bersumber dari embung di wilayah ini masih terbatas, kedepan dengan adanya jaringan perpipaan ini jangkauannya menjadi lebih jauh dan meluas ke lahan tanaman holtikultura milik petani lainnya,” ujarnya.

 

Pewarta: Ferri Aryanto

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2021