Dinas Pertanian Kabupaten Mukomuko, Provinsi Bengkulu, tahun 2021 mengusulkan penambahan bantuan benih padi untuk lahan persawahan seluas 1.530 hektare milik petani di daerah ini.

“Kami mengusulkan penambahan bantuan benih untuk lahan persawahan seluas 1.530 hektare. Usulan bantuan benih padi ini untuk musim tanam II padi sawah di daerah ini," kata Pelaksana Tugas Kasi Produksi Tanaman Pangan dan Hortikultura Dinas Pertanian Kabupaten Mukomuko Sugiyanto dalam keterangannya di Mukomuko, Kamis.

Seluas 2.000 hektare lahan persawahan milik sebanyak 96 kelompok tani di enam desa Kecamatan Lubuk Pinang tahun 2021 akan menerima bantuan benih padi unggul dari pemerintah pusat.

Ia menyebutkan, bantuan benih padi untuk lahan persawahan seluas 2.000 hektare milik petani enam desa di Kecamatan Lubuk Pinang tersebut untuk musim tanam I padi sawah.

Sedangkan usulan penambahan bantuan benih padi untuk lahan persawahan seluas 1.530 hektare milik kelompok tani di sejumlah kecamatan di daerah ini untuk musim tanam II padi sawah.

Dinas Pertanian setempat mengusulkan penambahan bantuan benih padi untuk lahan persawahan seluas 1.530 hektare milik kelompok tani yang tersebar di Kecamatan Air manjuto, Kecamatan V Koto, Kecamatan Selagan Raya dan Kecamatan Malin Deman.

“Sebagian wilayah di daerah ini yang ada jaringan irigasi teknis diusulkan mendapatkan bantuan benih padi dari pemerintah pusat, Kecuali Kecamatan Ipuh dan Penarik,” ujarnya.

Ia mengatakan, rata-rata petani di sejumlah wilayah di daerah ini yang diusulkan mendapatkan penambahan bantuan benih padi dari pemerintah melakukan penanaman pada musim tanam II padi sawah.

Kalangan petani di sejumlah wilayah daerah ini yang diusulkan mendapat bantuan benih padi dari pemerintah sebelumnya membeli benih padi untuk musim tanam I padi sawah secara swadaya.

 

Pewarta: Ferri Aryanto

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2021